Find Us On Social Media :

Yang Hendak Lebaran ke Sanak-Kadang, Ini Alasan Mengapa Tak Dianjurkan Memakai Sepatu di dalam Rumah

By Afif Khoirul M, Sabtu, 16 Juni 2018 | 07:30 WIB

Intisari-online.com - Beberapa orang mungkin sudah menyadari hal ini, namun ada juga belum sadar soal ini: tidak dianjurkan mengenakan sepatu di dalam rumah.

Usut punya usut, ternyata ini ada kaitannya dengan kesehatan.

Menurut sebuah penelitian di Arizona, bagian luar sepatu mengandung 140 kali lebih banyak bakteri daripada bagian dalamnya.

Dalam hal ini kuman akan lebih mudah menyebar, lebih dari 90% bakteri dipindahkan melalui sepatu ke lantai dalam rumah.

Lalu, jika Anda terlanjur dan sering melakukan hal tersebut Anda bisa membersihkannya dengan melakukan langkah berikut ini :

Baca Juga : Jangan Dibuang, Silica Gel Punya Segudang Manfaat yang Bisa Diketahui Lewat Warnanya

Baca Juga : Masih Ingat Kakek 75 Tahun yang Nikahi Gadis Berusia 25 Tahun? Begini Kondisi Keduanya Sekarang

1. Untuk ubin, bersihkan dan cuci dengan larutan deterjen lantai menggunakan air hangat atau dingin lalu ilas dengan air jernih. 

Jangan pernah menggunakan wax polish karena akan membuat ubin akan menjadi licin. Untuk ubin terakota pastikan Anda menggunakan pembersih spesialis dari pemasok Anda. 2. Jika Anda memiliki lantai kayu, pembersihan lantai yang disegel yang perlu anda lakukan adalah menyapu dan dibasahi di beberapa bagian tertentu. 

Jangan menggunakan terlalu banyak air atau kayu bisa membengkak dan pecah. Lantai yang tidak disegel dan diberi lilin harus disapu secara teratur dan kadang-kadang dihilangkan. 

Baca Juga : 'Partikel Tuhan', Penemuan Gila yang Menurut Stephen Hawking Bisa Memicu Kiamat

Gunakan lilin secukupnya, untuk menggosok bagin tertentu jangan berlebikan karena akan meninggalkan permukaan yang mceolok dan menarik kotoran.

3. Jika membersihkan karpet Gunakan mesin sampo, seperti, untuk membersihkannya pilih sampo yang mengandung pelindung seperti Scotchgard, karena ini menambah pelindung noda pada serat.