Find Us On Social Media :

Hanya dengan Melihat Wajahnya, Ternyata Kita Dapat Tahu Kaya atau Tidaknya Seseorang

By Masrurroh Ummu Kulsum, Sabtu, 21 April 2018 | 18:45 WIB

Intisari-Online.com - Sebuah riset baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology melaporkan jika ada kemungkinan besar kita dapat mengetahui apakah seseorang itu kaya atau miskin hanya dengan melihat wajahnya.

"Hubungan antara kesejahteraan dan kelas sosial telah dibuktikan oleh penelitian sebelumnya," ucap R. Thora Bjornsdottir, selaku salah satu peneliti dalam riset ini.

Menurutnya, orang dengan banyak uang cenderung hidup lebih bahagia, lebih tenang dibandingkan mereka dengan tingkat ekonomi yang rendah.

Periset menunjukkan bahwa perbedaan kesejahteraan ini benar-benar tecermin dalam wajah.

BACA JUGA: 15 Ilustrasi Ini Bandingkan ‘Jomplangnya’ Perilaku Orang Indonesia dengan Orang Inggris, Lucu atau Justru Melecehkan?

Dalam riset ini, R. Thora Bjornsdottir bekerja sama dengan Nicholas O. Rule seorang profesor psikologi dari University of Toronto.

Riset dilakukan dengan merekrut mahasiswa tingkat akhir sebagai subjek penelitian dengan menunjukan foto hitam putih dari 80 pria kulit putih dan 80 wanita kulit putih.

Tidak ada foto yang menunjukkan tato atau tindikan.

Setengah dari foto-foto itu adalah orang-orang yang menghasilkan lebih dari 150.000 dolar atau sekitar Rp 2 milyar per tahun, yang dikategorikan sebagai masyarkat kelas atas.

Setengah lainnya adalah orang-orang yang berpenghasilan di bawah 35.000 dolar atau Rp 481 juta per tahun yang dianggap sebagai kelas pekerja.

Ketika peserta diminta untuk menebak kelas orang-orang di foto, sebesar 68 persen peserta riset melakukannya dengan benar, secara signifikan lebih tinggi dari kemungkinan acak.

"Saya tidak mengira efeknya akan cukup kentara, terutama mengingat betapa tipis perbedaannya pada wajah, Itu bagian paling mengejutkan dari penelitian ini," papar Nicholas O. Rule.

R. Thora Bjornsdottir juga menambahkan bahwa peserta riset tidak benar-benar mengetahui petunjuk apa yang mereka gunakan ketika mereka membuat penilaian ini.