Find Us On Social Media :

Yuk Coba 9 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Ala Atlet Asian Games

By Tatik Ariyani, Senin, 16 April 2018 | 11:15 WIB

Meningkatkan stamina ala atlet

Intisari-Online.com - Diselenggarakannya even sebesar Asian Games 2018 sekaligus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berolahraga.

Masyarakat dapat mencoba untuk meningkatkan stamina dan kekuatan fisik layaknya atlet peserta Asian Games 2018.

Dilansir dari Stylecraze, stamina adalah kemampuan untuk mempertahankan upaya fisik atau mental yang berkepanjangan.

Keanyataannya, stamina tidak hanya diperlukan oleh atlet atau mereka yang terlibat dalam aktivitas fisik saja.

BACA JUGA: Ampuh! Inilah 11 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Kerap Membuat Kita Menderita

BACA JUGA: Kasihan, Sudah Ikut Asian Games Berkali-kali, 6 Negara ini Belum Pernah Cicipi Medali Emas Sekali pun

Hal ini sangat berguna untuk kebutuhan harian kita yang disibukkan oleh pekerjaan.

Mungkin banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk mengonsumsi pil atau suplemen.

Namun hal itu justru akan memiliki efek samping bagi tubuh.

Kita bisa mencoba melakukan beberapa cara alami yang banyak dilakukan oleh para atlet untuk meningkatkan stamina mereka.

1. Makan sehat

Untuk meningkatkan stamina tubuh, kita butuh makanan yang mengandung vitamin C, protein, karbohidrat kompleks dan zat besi yang dapat membantu menghasilkan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh.

Beberapa jenis makanan sehat tersebut misalnya, sayuran hijau, oatmeal, pisang, selai kacang, wortel, jus bit, selada, terong, daging tanpa lemak, ayam, ikan dan telur.

2. Latihan secara teratur

Berenang, bersepeda dan berlari adalah beberapa latihan yang sangat membantu dalam meningkatkan stamina.

Durasi dan intensitas latihan harus ditingkatkan secara bertahap.

Pemanasan sebelum latihan dan pendinginan setelah latihan diperlukan untuk mencegah keram otot.

BACA JUGA: Asyik, Gerbong ‘Sleeper’ yang Mirip ‘First Class’ di Pesawat Beroperasi Lebaran, Ini Harga Tiketnya

3. Istirahat yang cukup

Tidur malam yang baik sama pentingnya dengan olahraga teratur.

Tidur dan istirahat yang cukup membuat kita bersemangat dan segar yang dapat membantu kita untuk lebih fokus pada kinerja fisik dan mental kita.

4. Jadilah optimis

Menjadi optimis sangat penting karena ada lebih sedikit energi yang dihabiskan untuk pikiran negatif dan membantu kita agar tetap bugar.

5. Konsumsi air yang cukup

Air dibutuhkan untuk menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.

BACA JUGA: Entah Kebetulan atau Tidak, 5 Peristiwa Mengerikan Ini Terjadi Tepat Hari Jumat Tanggal 13

6. Yoga

Yoga dapat meningkatkan ketahanan tubuh kita terhadap napas pendek, meningkatkan kewaspadaan mental dan kekuatan fisik.

7. Meditasi

Meditasi dapat menyembuhkan berbagai gangguan mental seperti kecemasan dan depresi serta membangun stamina yang baik.

8. Berjalan setelah makan

Berjalan perlahan (bukannya duduk atau berbaring) setelah makan dapat menghambat pembentukan racun dalam tubuh.

9. Menyingkirkan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti narkoba, alkohol dan rokok tidak hanya mengganggu fungsi paru-paru, tetapi juga mengurangi daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Serangan AS ke Suriah: Tomahawk, si 'Kapak Indian' Berkepala Nuklir yang Nyatanya Masih Punya Kelemahan