Find Us On Social Media :

Inilah Senjata yang Telah Mencetak Para Pahlawan Dunia dan Atlet Kelas Internasional di Asian Games

By Agustinus Winardi, Selasa, 17 April 2018 | 07:30 WIB

Intisari-Online.com - Menurut catatan sejarah, dari sejak pengembangannya hingga tahun 1500, busur (bow) sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari para pria.

Bisa dikata, senjata ini menjadi bagian terpenting bagi pria dan mewakili simbol-simbol kekuatan menurut kebudayaan mereka. Tak heran senjata ini dipergunakan secara luas.

Pada era prasejarah, panah sangat efektif menjadikan manusia di era itu sebagai pemburu andal. Dengan alat inilah kebutuhan sandang dan pangan bisa terpenuhi.

Daging binatang buruan untuk dimakan, sementara kulit, tulang, dan tanduknya untuk kebutuhan lain.

Sejak saat itu pula dipercaya panah menjadi bagian penting dalam peradaban dunia disamping tombak dan kapak yang juga menjadi senjata utama kala itu.

Baca juga: Miliki Anak Berkebutuhan Khusus? Cobalah Ajak Dia Ikuti Olahraga Panahan

Dimulai pada masa pemerintahan William sang Penakluk (William the Conqueror), panah dijadikan senjata terpenting di Inggris selama beberapa abad.

Sekitar tahun 1200, Genghis Khan  dan pasukannya menaklukkan begitu banyak negeri. Panah menjadi senjata andalan mereka.

Hal yang sama berlangsung di Amerika baik selama penduduk Inggris maupun era kolonialisasi orang Amerika.

Tidak satu pun senjata tidak mampu menggantikan posisi panah sebelum lahirnya senjata api dan dalam waktu  singkat digunakan secara luas di seluruh dunia.

Itulah awal mula ditariknya panah dari medan perang, hingga peran dan fungsinya tinggal sebatas olahraga dan demi melestarikan jejak sejarah.

Baca juga: Sedang Ngetren, Inilah Manfaat Olahraga Panahan, Siapa Tahu Bisa Sehebat Robin Hood

Menurut Encyclopedia Brittanica, kemampuan panah-memanah menjadi bagian penting untuk menunjukkan kemajuan sebuah budaya dengan mengembangkan kecepatan dan kemampuan menembak.