Find Us On Social Media :

Ketika Indonesia Disegani Sebagai 'Macan Asia' di Kancah Asian Games

By Afif Khoirul M, Kamis, 12 April 2018 | 12:45 WIB

Intisari-online.com - Pada agustus 2018 mendatang salah satu pesta olah raga terbesar di Asia bertajuk Asian Games kembali digelar.

Perayaan akbar yang dihelat 4 tahun sekali ini akan menjadi pesta tersendiri bagi altet berprestasi dari seluruh Asia dan salah satu diantaranya adalah Indonesia.

Meski dikenal sebagai salah satu pesta olah raga terbesar di Asia, Indonesia mencatatakan beberapa hal penting yang membangakan pada perhelatan akbar tersebut.

Bahkan lebih membanggakan lagi Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018, namun tak hanya sekali saja pada tahun 1962, tercatat Indonesia juga menjadi tuan rumah di perhelatan akbar tersebut.

Baca Juga : Saat Ratu Gelanggang Asian Games 1962 Jakarta Hilang Gara-gara Diminta Jalani Tes Jenis Kelamin

Baca Juga : 'Partikel Tuhan', Penemuan Gila yang Menurut Stephen Hawking Bisa Memicu Kiamat

Tak hanya itu saja beberapa prestasi membanggakan juga berhasil diraih Indonesia kala itu, dimana pada tahun 1962 Indonesia berhasil menorehkan tinta emas, dan namanya diagungkan oleh masyarakat Indonesia.

Melansir berbagai sumber pada tahun 1962 adalah masa terbaik bagi indonesia di kancah Asian Games, tercatat saat itu Indonesia berhasil duduk di posisi dua dimana satu langkah dibawah Jepang yang konon selalu menjadi tim andalan di kancah olah raga.

Namun, Indonesia wajib berbangga dengan capaian tersebut, bukan tidak mungkin tahun ini macan asia kembali mengaum keras ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pada perhelatan akbar ini.

Saat itu, medali emas berhasil disumbangkan cabang bulutangkis dan balap sepeda, atlet bulu tangkis yang berjasa memberikan medali emas tersebut adalah Tan Joe Hok, dari tunggal putra.

Baca Juga : (Foto) Usai Menyantap Induknya, Singa Ini Lakukan Hal Tak Terduga pada Seekor Bayi Kera

Minarni dari tunggal putri, dan pasangannya Retno Kustijah dari nomor ganda putri. Selain itu, juga disumbangkan dari tim putra dan tim putri. 

Sedangkan emas dari cabang balap sepeda berhasil disumbangkan oleh tim balap sepeda putra dari nomor jalanan.