Find Us On Social Media :

Gadis 12 Tahun dengan Tumor di Wajahnya Itu Kini Bisa Tersenyum dan Kembali Merangkai Mimpinya

By Tatik Ariyani, Sabtu, 7 April 2018 | 09:45 WIB

Intisari-Online.com - Seorang gadis 12 tahun bernama Kaltoumi akhirnya bisa tersenyum setelah dokter mengangkat tumor yang menutupi wajahnya.

Dilansir dari Mirror, Kaltoumi sempat lemas karena tumor membatasi napasnya dan membuatnya hampir mustahil untuk makan.

Dia hanya dipastikan bertahan tiga bulan setelah perlahan-lahan tumor itu mengambil alih wajahnya selama lima tahun.

Kemudian, dia terselamatkan setelah ahli bedah di Afrika Mercy (kapal rumah sakit yang merawat negara-negara dunia ketiga) berlabuh di Kamerun untuk melakukan operasi.

(Baca juga: )

Dr Gary Parker, ahli bedah dan kepala petuga medis, mengatakan Kaltoumi sebagai gambaran untuk lima miliar orang yang tidak dapat mengakses 'operasi aman, tepat waktu dan terjangkau,' di negara-negara miskin di benua itu.

Parker menambahkan karena kurangnya akses ke perawatan yang dia butuhkan, seorang gadis 12 tahun berakhir dengan tumor besar yang mengancam wajahnya.

Pemerintah Kamerun kemudian menerbangkan Kaltoumi ke pelabuhan di Afrika dan tim bedah bekerja tanpa lelah untuk mengangkat tumornya.

(Baca juga: )

Kaltoumi akhirnya bisa tersenyum dan makan dengan benar untuk pertama kalinya dalam lima tahun dan mengatakan bahwa beban berat telah diangkat darinya.

Kaltoumi melihat wajah barunya di depan cermin keesokan harinya dan menyunggingkan senyum dirinya seperti saat dia berusia tujuh tahun.

(Baca juga: )

Tetapi, jalan menuju pemulihan masih panjang dan dia kembali ke kapal beberapa bulan kemudian untuk mengencangkan kulit tempat tumor itu berada.