Find Us On Social Media :

Tak Kalah Dari Eropa, Inilah Nagari Pariangan, Desa Terindah di Dunia yang Terletak di Indonesia!

By Editorial Grid, Kamis, 5 April 2018 | 16:45 WIB

Intisari-Online.com - Sebuah desa di Indonesia nampaknya membuat heboh lantaran dinobatkan menjadi salah satu desa terindah di dunia.

Nagari Pariangan, desa yang terletak di Sumatera Barat ini dinobatkan menjadi salah satu desa yang terindah di dunia berdasarkan majalah Travel Budget, majalah pariwisata Internasional New York, Amerika Serikat.

Predikat desa terindah ini rupanya sudah ada sejak tahun 2012 silam, saat itu desa Nagari Pariangan masuk menjadi salah satu dari 16 desa terindah yang ada di seluruh penjuru dunia.

Desa Nagari Pariangan berada di kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, sekitar 35 kmarah tenggara dari Bukittinggi.

(Baca Juga: Dari Luar Terlihat Sederhana, Begini Bagian Dalam Rumah Desainer Versace Ini. Mewah Banget!)

Desa ini rupanya mempunyai cerita sejarah tersendiri.

Dikutip dari jalan2.com, masyarakat minang mempercayai bahwa nenek moyang mereka berasal dari Puncak Gunung Marapi dimana dahulunya puncak gunung tersebut merupakan daratan sedangkan daerah lain masih berupa air lautan.

Dalam banyak waktu, barulah ketika air mulai surut, masyarakat membuat permukiman di sekitar puncak gunung dan Pariangan menjadi Nagari Pertama yang dibuka. 

Itulah kenapa Pariangan juga hingga sekarang masih disebut sebagai Nagari Tuo atau Desa Tua.

(Baca Juga: (Foto) Tertangkap Kamera, Betapa Sengsaranya Manusia Zaman Dulu, Kita Patut Bersyukur Bisa Hidup Hari Ini!)

Hal ini juga menjadikan kepercayaan bahwa Pariangan lah cikal bakal sistem kemasyarakatan Nagari yang digunakan di Ranah Minang.

Melihat dari segi budaya, tentu saja desa ini menyimpan budaya yang tak kalah menarik dari pemandangan 'eksotis' yang bisa memanjakan mata.

Ketika Anda mengunjungi desa ini, Anda akan melihat rumah-rumah adat yang menjadi ciri khas desa ini.