Find Us On Social Media :

Bingung Bedanya SNMPTN dan SBMPTN? Simak Penjelasan Jalur-jalur Seleksi Masuk Kuliah Berikut Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 5 April 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com- Dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, setiap universitas akan membuka 3 jalur untuk masuk, yakni: SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Masing-masing bagi ketiganya memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri.

Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tidak memerlukan tes.

Bagi calon mahasiswa baru yang hendak menempuh jalur ini akan dinilai berdasarkan nilai rapor, UN, dan prestasi selama SMA.

Baca Juga: 

Baca Juga: 

Dilansir dari snmptn.ac.id, untuk tahun 2018, pendaftaran telah dijadwalkan bulan lalu dan hasil pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada 17 April 2018 mendatang.

Sedangkan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) harus melalui tes (ujian tertulis/ praktik) yang akan diadakan tanggal 8 Mei mendatang, untuk jalur ini variabel nilai selama SMA tidak diperhitungkan.

Untuk biaya pendaftaran bagi SNMPTN adalah gratis, sedangkan untuk SBMPTN dikenakan sekitar Rp 200.000 yang harus dibayarkan ke bank yang telah ditentukan sebelum hari penyelenggaraan ujian.

Pembayaran ini penting guna mendapat akses ke kartu peserta ujian.

Kuota yang disediakan juga berbeda, SNMPTN menyediakan minimal 40 persen dari kuota yang disediakan PTN.

Sedangkan bagi SBMPTN disediakan minimal 30 persen dari keseluruhan kuota.

Seperti yang telah disebutkan, waktu pelaksaan dari kedua kedua jalur memang berbeda, setiap tahunnya proses seleksi SNMPTN biasanya diadakan sekitar bulan Januari-Februari, sedangkan SBMPTN diadakan sekitar Mei-Juni (lihat sbmptn.ac.id).