Find Us On Social Media :

Rendang Dikritik Juri MasterChef karena Tak 'Crispy': Bahan dan Rasa Rendang Malaysia Berbeda, lho, dengan Rendang Indonesia

By Ade Sulaeman, Rabu, 4 April 2018 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com - Dua orang juri lomba memasak MasterChef Inggris, John Torode dan Gregg Wallace, mendapat kritikan pedas dari warga negara Indonesia dan Malaysia.

Hal ini dilakukan setelah kedua juri tersebut 'mencaci' masakan rendang yang dimasak oleh seorang peserta kelahiran Kuantan, Malaysia.

Beberapa pendapat juri yang dianggap 'merendahkan' rendang antara lain:  "Kulit ayamnya tidak renyah, tidak bisa dimakan," atau "semua sausnya ada di ayam, saya tidak bisa makan."

Sontak warga Indonesia dan Malaysia pun geram dengan pendapat-pendapat tersebut.

(Baca juga: )

Seorang netizen Malaysia mengungkapkan rasa frustrasinya kepada Gregg karena bilang kulit ayam Zaleha tidak renyah—dan ini tidak berlaku untuk ayam rendang.

Sementara, netizen Malaysia lain memuji Zaleha dan menekankan bahwa ayam rendang tradisional tidak punya kulit yang renyah, tak seperti yang dikatakan Gregg selama show.

Netizen Indosia pun turut serta mengkritik.

“Saya orang Indonesia. Rendang juga di masak di Indonesia, khususnya di Sumatera. Sejauh yang saya tahu, rendang (daging sapi atau ayam) selalu memiliki tekstur yang lembut, dan saus selalu dituangkan di atas daging, tidak dipisahkan. Jadi, jika juri mengatakan bahwa rendah harus krispi dan saus harus dipisahkan, mereka harus berlibur ke Malaysia atau Indonesia dan melihat dengan mata mereka bagaimana rendang dimasak,” ujar Muhammad Pascal Fajrin.

(Baca juga: )

Namun, meski warga Indonesia dan Malaysia kompak membela rendang, pada dasarnya rendang Indonesia dan rendang Malaysia itu berbeda.

Sekilas memang terlihat sama, tapi kita bisa dengan jelas melihat perbedaan keduanya, kok.

Bahkan, saat melihat rendang Malaysia, kita mungkin akan langsung tahu bahwa itu bukanlah rendang.