Find Us On Social Media :

Benarkah Kita Bisa Bebas Gunakan Ponsel di Pesawat Jika Gunakan Fitur 'Airplane Mode'?

By Ade Sulaeman, Jumat, 30 Maret 2018 | 12:30 WIB

Intisari-Online.com - Daripada mematikan smartphone atau laptop ketika naik pesawat, coba manfaatkan fitur “Airplane Mode”, sebuah fitur berguna yang tersedia di banyak perangkat elektronik portabel.

Airplane Mode akan menonaktifkan fitur nirkabel di ponsel, laptop atau tablet untuk mematuhi peraturan penerbangan.

Pada sebagian besar perangkat, Airplane Mode dapat diaktifkan dalam menu "Settings".

Dalam mode ini, jaringan selular - suara dan data - dinonaktifkan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan near-field communication (NFC).

(Baca juga: Seorang Pilot Mengambil Gambar dari Pesawatnya, 10 Situasi Menakjubkan Inilah yang Pernah Dia Abadikan!)

Namun, perangkat masih dapat digunakan dalam penerbangan untuk mengakses konten yang sudah diunduh sebelumnya, seperti permainan, film, e-books dan musik.

Beberapa orang kerap merasa frustrasi saat mereka tidak dapat menggunakan semua fitur dari perangkat mereka saat berada dalam pesawat, dengan alasan larangan serius penggunaan perangkat nirkabel.

Menurut Federal Communications Commission (FCC) dan Federal Aviation Administration (FAA) di Amerika Serikat, frekuensi radio pada ponsel dan perangkat elektronik lainnya dapat mengganggu sistem peralatan pesawat terbang, termasuk jaringan navigasi dan komunikasi.

Bukti anekdot dari para pilot juga menunjukkan bahwa gelombang radio yang dipancarkan dari elektronik nirkabel dapat mengganggu sistem pencegah tabrakan pesawat dan sistem deteksi kebakaran.

Namun, ada orang-orang yang percaya bahwa larangan elektronik lebih didasarkan pada spekulasi daripada fakta ilmiah.

Tekanan dari mereka yang menentang larangan tersebut telah menyebabkan penyelidikan masalah ini oleh FAA.

Sebuah komite yang dibentuk oleh FAA telah memutuskan bahwa perangkat elektronik portabel dapat digunakan, tanpa dimasukkan ke dalam “Airplane Mode”, selama semua fase penerbangan, termasuk saat lepas landas dan mendarat.