Find Us On Social Media :

Masih Ingat Napalm Picture, Foto Ikonik Perang Vietnam? Begini Kisah Salah Satu Sosok yang Ada dalam Foto Itu

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 27 Maret 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com - Masih ingat foto ikonik Perang Vietnam bertajuk “napalm picture?

Empat puluh tahun setelah momen foto itu dijepret, salah satu gadis yang ada dalam foto tersebut telah mendapatkan operasi bedah laser gratis di Miami, AS.

Operasi itu dilakukan untuk mengakhiri rasa sakit akibat luka bakar yang terdapat di sekujur tubuhnya.

Luka bakar itu memang tak terlihat dalam foto.

Yang terlihat hanyalah penderitaan saat ia berjalan meratap ke arah kamera, tangannya yang terbuka dari tubuhnya, dan tubuhnya yang telanjang karena ia telah merobek pakaiannya yang terbakar.

Lebih dari 40 tahun Kim Phuc berusaha menyembunyikan lukanya itu.

(Baca juga: Kekurangan Bom saat Perang Vietnam, Pesawat-Pesawat Tempur AS Jatuhkan Toilet-Toilet Bekas)

Tapi air matanya yang terlihat dalam foto tersebut tidak mungkin bisa disembunyikan begitu saja; ketika ia harus bertahan dari sebuah serangan bom napalm yang nyasar pada 1972.

Dan datanglah kesempatan itu. Kesempatan untuk benar-benar menghilangkan luka tersebut—kesempatan yang dipikirnya hanya bisa terjadi setelah ia mati.

“Jadi bertahun-tahun saya berpikir bahwa tidak akan ada luka lagi, tidak akan ada lagi rasa sakit, jika saya di sudah surga. Tapi sekarang—surga itu telah saya dapatkan!” ujar Phuc setibanya di Miami dalam rangka menghilangkan luka bakarnya.

Oktober 2015, Phuc, yang saat itu berusia 52 tahun, memulai serangkaian perawatan laser.

Dokter yang menanganinya, Jill Waibel, dari Miami Dermatology and Laser Institute, mengatakan akan menghaluskan dan melembutkan kulitnya yang keriput, mulai dari bagian perut, lengan kiri, lehernya, hingga seluruh punggungnya.

Yang lebih penting untuk Phuc, Waibel mengatakan, perawatan juga meringankan sakit yang mendalam dan nyeri yang mengganggunya hingga hari ini.