Find Us On Social Media :

Kutil Bisa Dihilangkan dengan Lakban, Praktis dan Hanya Perlu Waktu Singkat, Begini Caranya

By Tatik Ariyani, Jumat, 15 November 2019 | 15:30 WIB

Menghilangkan kutil dengan lakban

Intisari-Online.com - Kutil atau skin tag merupakan potongan atau bagian kecil kulit yang tumbuh biasanya pada lipatan.

Kutil biasanya muncul pada bagian kulit yang kerap bergesekan dengan kulit lain atau pakaian.

Bagian yang sering muncul antara lain kelopak mata, leher, ketiak, bagian bawah payudara dan pangkal paha.

Dikutip dari webMD, pertumbuhan kutil disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human papillomavirus (HPV).

HPV menginfeksi lapisan atas kulit, biasanya memasuki tubuh di area kulit yang pecah. Virus ini menyebabkan lapisan atas kulit tumbuh dengan cepat, membentuk benjolan kasar pada permukaan kulit.

Baca Juga: Saat 'Raja Narkoba' Pablo Escobar Masih Hidup, Pemerintah Kolombia Seperti Tak Memiliki Kekuasaan, Polisi Hanya Ditertawakan Saat Menangkapnya

Kutil dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan atau tahun. Tapi sebagian orang yang memilikinya merasa tidak nyaman sehingga mencari cara agar dapat menghilangkannya.

Ternyata ada metode yang cukup aneh untuk menghilangkan kutil, yaitu dengan cara membungkusnya dengan selotip atau lakban.

Meskipun hasil penelitian ini mengatakan lebih efektif digunakan untuk anak-anak dan remaja, daripada digunakan untuk orang dewasa.

"Penggunaan selotip/lakban tampak menjanjikan sebagai perawatan yang aman dan tidak mengancam untuk anak-anak," tulis penulis Dean R. Focht III, MD, seorang peneliti pediatrik dengan Pusat Kesehatan Angkatan Darat Madigan, Tacoma, Washington.

Dalam studinya, Focht membandingkan terapi menggunakan krioterapi dan terapi menggunakan lakban pada 51 pasien antara usia 3 dan 22 tahun.

Baca Juga: Wanita Ini Pasang 'Cincin' Logam di Leher Karena Ingin Menjadi Seperti Jerapah, Namun Justru Hal Ini yang Terjadi Padanya