Merasa Stres di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Atasinya, Salah Satunya dengan Istirahat Meski Hanya Sejenak

Ade S

Penulis

Merasa Stres di Tempat Kerja? Ini 5 Cara Atasinya, Salah Satunya dengan Istirahat Meski Hanya Sejenak

Intisari-Online.com – Tak bisa dipungkiri beban kerja di tempat kerja bisa menyebbakan stres dan kecemasan.

Meskipun tingkat stres seseorang juga bergantung pada lingkungan sekitar, serta si orang itu sendiri.

Namun, stres memang tidak bisa dihindari, hanya saja bisa diatasi.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja, seperti berikut ini.

Baca Juga: Meski Wajahnya Mati Rasa, Dokter Menganggapnya Sebagai ‘Stres’, Padahal Ini Penyakit yang Diidapnya

1. Memulai hari dengan perencanaan

Penting untuk memiliki perencanaan di setiap awal hari. Sebelum mulai bekerja, Anda harus tahu langkah-langkah apa yang akan ditempuh.

Perencanaan bukanlah solusi yang absolut. Perencanaan tetap memungkinkan adanya hal spontan yang kamu tambahkan ke rutinitas kerja.

Bekerja sesuai perencanaan akan menghemat banyak waktu, dan bisa menginvestasikan untuk hal lainnya, misalnya pekerjaan dadakan.

Baca Juga: Sulli Meninggal Dunia di Usia 25 Tahun, Ini Usia-usia Rawan Stres dan Depresi!

2. Manajemen waktu

Stres adalah hasil dari pekerjaan yang menumpuk dan tertunda. Manajemen waktu adalah solusi terbaik untuk menghindarinya.

Aturlah prioritas Anda dan selesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktunya masing-masing.

Usahakan tidak menumpuk pekerjaan dan membawanya ke rumah, karena itu hanya akan menambah ketegangan yang mempengaruhi kesehatan mental.

Baca Juga: Ahli Sebut Wanita 3 Kali Lebih Rentan Stres daripada Pria, Ini Alasannya

Kebiasaan itu pun akan mengganggu waktu bersama keluarga. Jadi, dedikasikan waktu kerja Anda hanya di kantor atau tempat kerja.

3. Jaga jarak ideal dengan kolega dan atasan

Rekan kerja bisa menjadi tempat berbagi suka dan duka ketika bekerja. Baik atau buruk, kita perlu menjaga jarak yang ideal dengan mereka.

Jika Anda terlalu nyaman, Anda akan merasa wajib untuk melakukan hal-hal berkaitan dengan mereka, meski sebetulnya Anda tidak suka. Kondisi ini bisa memicu stres yang lebih besar.

Baca Juga: Hilangkan Stres hingga Sehatkan Mata, Berikut 12 Manfaat Telur Bebek yang Sayang DIlewatkan

Namun, Anda juga tak boleh terlalu dingin dalam memperlakukan mereka, karena hanya akan membawa masalah.

Kondisi tersebut bisa saja membuatmu teralienasi di tempat kerja, dan menciptakan suasana yang tidak membahagiakan.

4. Bertanya jika ragu

Jika Anda adalah karyawan baru, yakinilah bahwa bertanya ketika menghadapi keraguan adalah hal terbaik yang bisa Anda berikan pada perusahaan.

Baca Juga: Merasa Stres, Kesepian, atau Kesal? Ini Obat Mujarab yang Bisa Menyembuhkan! Coba Buktikan Sendiri!

Sering kali kita malu atau ragu jika ingin menanyakan banyak pertanyaan. Keraguan tersebut pada akhirnya membuat kita tidak jadi bertanya dan menjadi "parno" memikirkan hal-hal yang akan terjadi.

Jadi, alih-alih menyimpannya sendiri, lebih baik tanyakan apa yang ingin kamu perjelas, dan bebaskan diri Anda dari segala keraguan.

5. Istirahat

Ketika Anda mengalami stres berlebih di tempat kerja, ada baiknya mempertimbangkan untuk istirahat sejenak, mungkin berlibur, untuk bersantai dan "mengisi ulang" diri Anda.

Baca Juga: Merasa Cemas dan Stres? Coba 9 Makanan dan Minuman Penangkalnya, dari Makanan Laut Hingga Sayuran Berdaun Hijau

Kerja terus-menerus dengan tugas dan proyek yang menumpuk bisa membuat jenuh dan tidak produktif.

Istirahat sejenak bisa menyegarkan pikiran, dan akan membuat pekerjaan Anda lebih efisien di kemudian hari. (Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan, 5 Cara Atasi Stres di Tempat Kerja"

Baca Juga: Punya Pasangan Tapi Merasa Kesepian, Kok Bisa? Jangan Stres Sendirian, Ini Saran untuk Anda!

Artikel Terkait