Find Us On Social Media :

Abaikan Baunya, Ini Beragam Manfaat Petai, dari Atasi Gangguan Pencernaan Hingga Bantu Berhenti Merokok

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 23 Oktober 2019 | 20:30 WIB

Petai menyimpan banyak manfaat.

Intisari-Online.com –  Anda tidak suka makan pete karena baunya?Ups, jangan salah, meski baunya mungkin menggangu, pete ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Pete, petai, peteh, atau bahkan secara ilmiah dianggap bernama Parkia Speciosa, yang merupakan pohon tahunan eksotis dari jenis polong polongan (Fabaceae).

Tanaman khusus ini lazim di Kepulauan bagian barat. Bijinya, yang dinamai "petai", "Bitter bean" juga dikonsumsi saat masih lebih muda, segar, dan juga direbus.

Parkia speciosa benar-benar berbagai genus parkia dalam keluarga fabaceae yang memiliki banyak nama, antara lain, petai, peteh, kacang pahit, kacang tandan, kacang bau, sator, sataw, yongchaak dan zawngah.

Baca Juga: 'Digilai' Orang Indonesia, Petai Simpan Ancaman Kesehatan yang Sangat Serius Jika Dimakan Terlalu Banyak

Tanaman parkia speciosa terkenal di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Laos persis di mana parkia speciosa panjang bersama dengan biji  hijau yang hidup di dalamnya.

Bentuknya sebanding dengan bentuk almond. Petai dijual dalam beberapa bentuk seperti dijual dalam tandan, polong, biji atau bahkan biji petai dimuat dalam kantong plastik, ditambah beberapa bahkan dibeli dalam jenis acar dalam air, atau mungkin dalam jenis beku.

Manfaat kesehatan Petai

Buah Petai tidak hanya menawarkan kekuatan, tetapi juga mampu menghindari serta mengalahkan berbagai masalah dan kondisi kesehatan.

Baca Juga: Harga Petai Tembus Rp300 Ribu/Kg, Inilah Manfaat Luar Biasa Petai Bagi Tubuh

Sebagai perbandingan apel, petai memiliki kandungan protein empat kali lebih banyak, karbohidrat lebih dari dua kali lipat jumlahnya, 3 kali lipat fosfor, 5 kali lipat vitamin A dan juga zat besi, dan dua kali lebih banyak vitamin bersamaan dengan mineral lainnya.

Seperti dilansir dari healthbenefitstimes, berikut ini manfaat kesehatan dari pete.