Find Us On Social Media :

Olahraga Bisa Cegah Kanker Payudara, Bagaimana Caranya? Ini Jawaban Para Ahli!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 7 Oktober 2019 | 14:00 WIB

Olahraga lari dapat mencegah kanker payudara.

Intisari-Online.com – Ada beragam cara untuk mencegah penyakit mampir ke tubuh kita, yaitu dengan mengubah pola makan dan tentu saja terus beraktivitas, juga berolahraga.

Olahraga ternyata memiliki banyak manfaat untuk mencegah penyakit.

Seperti olahraga lari yang bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga jenis kanker tertentu.

Namun, seberapa banyak olahraga yang dibutuhkan hingga bisa mendapatkan manfaat kesehatan tersebut?

Baca Juga: Istilah 'Membakar Lemak', Sebenarnya ke Mana Lemak Pergi Setelah Olahraga hingga Jenis Aktivitas yang Ampuh Bakar Lemak

Dilansir laman Runner's World, menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, khusus pencegahan kanker payudara, durasinya ternyata tidak sebanyak yang dipikirkan.

Hal itu dibuktikan lewat penelitian terbaru yang membandingkan efek dari aktivitas olahraga aerobik moderat (150 menit seminggu) atau tinggi (300 menit seminggu) pada biomarker kanker payudara menengah.

Biomarker atau penanda itu berupa zat dalam darah atau urin yang merupakan indikator risiko kanker payudara.

Penelitian tersebut adalah tindak lanjut dua tahunan untuk Breast Cancer and Exercise Trial in Alberta (BETA) dilakukan terhadap 400 wanita bebas kanker usia 50 hingga 74 tahun.

Baca Juga: Ini Tips untuk Para Pemula agar Tidak Kapok Olahraga Lari, Sangat Mudah Dilakukan!Baca Juga: Ini Tips untuk Para Pemula agar Tidak Kapok Olahraga Lari, Sangat Mudah Dilakukan!