Find Us On Social Media :

Pasang Tarif Hanya Rp10 Ribu untuk Setiap Pasien, Dokter Mangku Malah Sempat Gratiskan Biaya Berobat Sebelum Ditipu Pasien

By Ade S, Rabu, 18 September 2019 | 17:56 WIB

Dokter Mangku Sitepoe (84), dokter yang mengabdi untuk melayani kesehatan masyarakat berpenghasilan rendah di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan St. Tarsisius, Jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Intisari-Online.com - Pernah membayangkan kita hanya perlu membayar Rp10.000 saat berobat ke dokter, lengkap dengan obatnya?

Rasanya tidak mungkin bukan? Namun, faktanya Mangku Sitepoe (84) menerapkan tarif yang bagi sebagian besar pasien (bisa jadi juga dokter) sangat mustahil tersebut.

 

Bahkan, Mangku mengaku sebelum tahun 2000, dirinya malah menggratiskan biaya berobat setiap pasiennya.

Berikut ini kisah inspiratifnya.

Baca Juga: Jual Tanah Hingga Dagang Kue di Kampus untuk Biaya Kuliah, Anak dari Seorang Kernet Bus Ini Berhasil Jadi Dokter Gigi, Salut!

Mangku mengabdikan diri untuk melayani masyarakat berpenghasilan rendah di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan St Tarsisius, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Sebelum menetapkan biaya pengobatan Rp 10.000, dokter Mangku memulai pengabdiannya dengan memberikan layanan kesehatan gratis.

"Tahun 1995 sampai dengan tahun 2000, mereka (pasien) tidak membayar sama sekali. Kami pun tidak dibayar, sama sekali kami tidak dibayar," ujar dokter Mangku.

Selain mendapat layanan kesehatan gratis, pasien yang berobat ke dokter Mangku juga mendapat obat secara cuma-cuma.

Baca Juga: Seminggu Setelah Kematiannya, Lebih dari 2.200 Janin yang Diawetkan Ditemukan di Rumah Dokter Ini, Sejarah Masa Lalunya Terungkap