Find Us On Social Media :

Kebiasaan Unik Masyarakat Bawean, Parkir Motor Tanpa Cabut Kunci, Tak Takut Motornya Dicuri!

By Tatik Ariyani, Minggu, 1 September 2019 | 09:30 WIB

 

Intisari-Online.com - Berbeda dengan pemilik kendaraan pada umumnya, masyarakat di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur justru terkesan abai dengan keamanan kendaraan terutama sepeda motor mereka.

Sebagian besar masyarakat Pulau Bawean memiliki kebiasaan yang cukup unik ini.

Mereka akan meninggalkan sepeda motornya di tepi jalan atau di lokasi parkir dengan kunci masih tergantung pada lubang kunci.

Saat memarkirkan sepeda motornya di tepi jalan atau depan rumah, mereka dengan tenang akan meninggalkannya tanpa mencabut kunci yang masih terpasang.

Baca Juga: Sebelum Dinosaurus Ada, 2 Miliar Tahun yang Lalu Kepunahan Massal yang Tidak Kita Ketahui Terjadi untuk Pertama Kali

Bagi mereka yang bukan merupakan masyarakat setempat, pemandangan ini tentu membuat geleng-geleng kepala.

Jika sehari-hari, kita sangat panik karena takut terjadi pencurian sepeda motor ketika mengetahui kunci masih tertinggal, lain halnya dengan masyarakat di Pulau Bawean.

Mereka dengan santainya meninggalkan sepeda motornya beserta kunci yang terpasang, tanpa ada rasa takut kendaraannya akan dilarikan oleh oknum pencuri.

"Biar saja ditinggal, memang sudah biasa, tidak ada yang akan curi," kata salah seorang warga yang sempat ditemui Kompas.com di kawasan Alun-Alun Sangkapura.

Baca Juga: 22 Tahun Kematian Putri Diana: Ia Disebut sebagai 'Putri Pemberontak' karena Melanggar 11 Aturan Kerajaan Tanpa Kompromi