Find Us On Social Media :

Detik-detik Menuju 'Rumah Kematian': 24 Jam Terakhir Terpidana Mati Menuju Ajalnya, Penuh Ketegangan

By Nieko Octavi Septiana, Jumat, 9 Agustus 2019 | 17:00 WIB

24 jam terakhir tahanan menghadapi eksekusi mati

Intisari-Online.Com - Apakah Anda pernah berpikir bagaimana 24 jam terakhir narapidana yang akan dieksekusi mati?

Hukuman mati, dari perjalanan ke 'rumah kematian', makanan terakhir, hingga menit-menit terakhir narapidana direncanakan dengan tepat.

Melansir Mirror, Rabu (7/8/2019), hukuman mati di Amerka Serikat dijatuhkan pada pembunuh, pembunuh berantai dan teroris, salah satu dari sedikit negara Barat yang masih mengeksekusi tahanan.

Berbeda dengan di Indonesia, algojo 'mengakhiri' kehidupan tahanan di Amerika Serikat dengan suntik mati dan kursi listrik.

Baca Juga: Peter Sutcliffe, Pembunuh Berantai dengan Selera Humor Aneh dan Melakukan Aksinya dengan Dalih 'Misi dari Tuhan'

Meski 21 negara sekarang telah melarang hukuman mati, ada hampir 3.000 orang masih menunggu hari eksekusinya. 

Narapidana menghabiskan waktu rata-rata 20 tahun di penjara untuk menunggu eksekusi.

Sementara banyak tahanan memperjuangkan hukuman mereka sampai beberapa menit sebelum eksekusi, mereka yang bertanggung jawab untuk mengakhiri hidup seorang napi, merencanakan jam-jam terakhir dengan ketepatan yang mengerikan.

Makanan terakhir dan kata-kata terakhir dari mereka yang dihukum mati hanyalah dua dari detail yang harus dipersiapkan dengan setiap perhitungan.

Tak banyak diketahui, pria dan wanita yang akan dihukum mati harus mengikuti rutinitas 24 jam terakhir yang sangat spesifik.

Para penjaga penjara, penasihat spiritual, pengacara dan orang-orang terkasih memiliki peran masing-masing.

Baca Juga: Tak Ada yang Percaya Ucapan Bocah 3 Tahun Itu Selama Lebih dari 20 Tahun, Hingga Ia Menemukan Tengkorak di Kebun Rumahnya