Find Us On Social Media :

Viral Video Minta Tolong Pendaki Hilang di Gunung Bondowoso, Ini 4 Cara Temukan Jalan Saat Tersesat Tanpa Ponsel dan GPS

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 2 Juli 2019 | 21:00 WIB

Beredar Video Minta Tolong Pendaki Hilang di Gunung Bondowoso

Intisari-Online.com - Senin (1/7) kemarin, pengguna media sosial dihebohkan dengan video berisi situasi pencarian salah seorang pendaki Gunung Piramid di Bondowoso yang hilang, Thoriq Rizki Maulidan.

Saat itu, Thoriq diketahui hilang ketika mendaki di Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur bersama ketiga orang temannya pada 23 Juni lalu.

Dalam video yang dibagikan oleh pengguna Facebook dengan akun Ngapako, sebenarnya orang-orang yang melakukan pencarian mendengar teriakan minta tolong dari Thoriq.

Namun mereka tak juga kunjung bisa menemukannya.

Baca Juga: Rahimnya Infeksi Hingga Bengkak Akibat KB Suntik, Ibu Ini Peringatkan Bahaya Jalani KB Tidak Haid

"Thoriq minta tolong tapi tidak tau dimana," tulis pengunggah video dalam keterangannya.

Menanggapi video yang tengah ramai menjadi bahan pembicaraan di media sosial tersebut, Budi Prasetyo selaku Kepala Kantor SAR Surabaya meminta masyarakat untuk lebih selektif dan juga cermat dalam mencerna informasi, mengingat sumbernya nggak jelas.

"Berdasarkan laporan, Thoriq (mendaki) bersama tiga orang. Tim gabungan sudah menyisir (lokasi) tujuh hari, hasil nihil.

Baca Juga: Suka Tidur Pakai Kipas Angin? Hati-hati, Ternyata Dampaknya Buruk Bagi Kesehatan

Kalau ada suara, berarti ada tanda-tanda (kehadiran) dong. Tapi anggota yang di lapangan tidak menemukan itu semua," tambah Budi sebagaimana dilansir dari Hai.grid.id.

Kini, tim SAR sendiri diketahui telah menghentikan pencarian Thoriq setelah sebelumnya sudah berupaya maksimal ketika melakukan penyisiran di lokasi kejadian.

Meski canggih, namun teknologi ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Ponsel tentu saja menggunakan baterai yang terbatas, terlebih GPS juga memerlukan koneksi internet yang mungkin tak dapat dijangkau dari dalam hutan atau gunung.

Baca Juga: Inilah Kota Terdingin di Indonesia yang Suhu Siang Harinya Bisa Mencapai 15 Derajat Celcius