Find Us On Social Media :

Suara Itu Lebih Kuat dari Pedang: Batu Scone yang Mengaum dengan Kekuatan

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 30 Juni 2019 | 20:30 WIB

Suara itu lebih kuat dari pada Pedang: Batu Scone yang Mengaum dengan Kekuatan

Intisari-Online.com - Sebuah batu lebih dihargai karena suaranya daripada bangunannya.

Ya, batu ini, Stone of Scone telah lama memainkan peran penting dalam penobatan raja-raja Irlandia, Skotlandia, dan Inggris.

Meskipun batu itu memiliki loyalitas yang berbeda sebelum penyatuan Irlandia Utara, Skotlandia, Inggris, dan Wales ke Inggris, batu itu selalu berdiri sebagai pilar kekuatan.

Tanpa kehadirannya, para penguasa Irlandia kuno, Skotlandia abad pertengahan, dan Inggris, tidak dianggap penguasa yang sah.

Baca Juga: Curi Perhatian, Inilah Istri Ma'ruf Amin yang Usianya 31 Tahun Lebih Muda dari Sang Suami

Legenda Mitologi Batu Scone

Batu Scone memiliki berbagai legenda mitologis tentang keberadaannya.

Salah satu yang paling terkenal adalah bahwa batu itu sama dengan Lia Fáil, Batu Takdir, yang dibawa ke Irlandia oleh Tuatha de Danann ribuan tahun yang lalu.

Baca Juga: Tradisi 'Gubuk Cinta', Dibuat Ayah untuk Anak Gadisnya Agar Bisa Berhubungan Intim dengan Pria Berbeda Tiap Malam

Lia Fáil adalah batu penobatan Raja-Raja Tinggi Irlandia, yang terletak di pusat kompleks kerajaan di Tara di County Dublin.

Walaupun ada batu di tempat Lia Fáil berdiri bertahun-tahun yang lalu, beberapa percaya bahwa ini sebenarnya adalah replika, dan bahwa aslinya dibawa ke Skotlandia untuk dijadikan batu penobatan di Scone untuk raja-raja Skotlandia.

Karena kisah yang saling bertentangan mengenai apakah Batu Scone dan Lia Fáil adalah batu yang sama, sulit untuk memisahkan satu legenda mitologis dari yang lain.

Karena penggunaan kembali batu itu, perlu dicatat bahwa sementara batu itu diganti namanya menjadi lokasi barunya, fungsi mistisnya dalam penobatan kerajaan tetap sama.

Baca Juga: Kisah Pilu Blanche Monnier, Putri Bangsawan yang Dipenjara 25 Tahun Tanpa Sinar Matahari Oleh Ibunya 'Si Dermawan Cacat'