Find Us On Social Media :

4,5 Tahun Tenggelamkan 488 Kapal, Menteri Susi Bangga Indonesia Kini Jadi Penyuplai Tuna Terbesar Dunia

By Ade S, Sabtu, 13 April 2019 | 15:15 WIB

Bangg! Berkat Aksi Tenggelamkan Kapal, Menteri Susi Bawa Indonesia Jadi Pemasok Tuna Terbesar

Intisari-Online.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan tentang label dari dunia bahwa Indonesia kini menjadi pemasok tuna terbesar di dunia.

Menurutu menteri yang kerap bergaya nyentrik ini, hal ini disebabkan kini sudah tidak ada lagi kapal asing yang menangkap ikan di laut Indonesia.

"Akhirnya setelah empat setengah tahun, 488 kapal sudah ditenggelamkan. Itu membuktikan negara bisa melakukan," ujar Susi dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/4/2019).

Baca Juga : Berkat Aksi Menteri Susi Tenggelamkan Ratusan Kapal, Indonesia Kini Jadi Pemasok Tuna Terbesar Dunia, Bangga!

Menurut Susi, aksi illegal fishing atau pencurian ikan di laut Indonesia oleh kapal-kapal asing telah menyebabkan nelayan Indonesia kehilangan mata pencahariannya.

“Illegal fishing juga menyebabkan rumah tangga nelayan turun hampir 50 persen lebih. Tadinya 1.600.000 kepala rumah tangga. Waktu tahun 2014 tinggal 800.000 saja," kata Susi.

Bukan hanya nelayan, pencurian ikan juga membuat pengusaha dalam negeri gulung tikar karena stok ikan tidak cukup untuk diekspor.

Baca Juga : Hasil Tangkapan Capai Rp71 Triliun, Indonesia Jadi Produsen Ikan Tuna Terbesar di Dunia