Find Us On Social Media :

Habis Pijat, Kenapa Jari Tangan Bunyi "Krek-Krek" ketika Ditarik?

By Intisari Online, Jumat, 5 April 2019 | 07:00 WIB

pijat kaki

Intisari-Online.com - Salah satu momen yang paling ditunggu setelah menjalani terapi pijat adalah saat masseur menarik-narik jari-jari kita.

Momen yang biasanya dilakukan di akhir terapi tersebut terasa begitu melegakan dengan munculnya 'kretek' dari jari-jari kaki atau tangan kita yang ditarik oleh masseur.

 

Namun, pernahkan bertanya-tanya, dari mana asalnya bunyi "kretek" itu?

Sementara orang pada umumnya cenderung mengabaikan, para ilmuwan bergulat untuk menjelaskannya selama lebih dari 60 tahun terakhir.

Baca Juga : Akibat Pijat Sembarangan, Wanita Ini Alami Sakit Kejang hingga Keguguran Kandungan, Kok Bisa?

JB Roston dan RW Haines adalah dua orang pertama yang mencoba menyuguhkan penjelasan fenomena tersebut lewat publikasi di Journal of Anatomy pada 1947.

Melakukan eksperimen dengan radiografi untuk memvisualisasikan kejadian tingkat jaringan saat jari ditarik, dua peneliti itu mengungkap bahwa sumber suara "kretek" itu adalah perubahan pada sendi otot jari.

Dalam kondisi normal, permukaan sendi otot metakarpal-falanges padat. Saat ada tarikan ringan, permukaan bisa mengembang namun tetap kompak.

Ketika jari-jari tangan ditarik kuat, permukaan sendi mengembang, tekanan pada cairan sendi meningkat sehingga gas yang terlarut pada cairan itu keluar.

Baca Juga : Sekumpulan Pria Mengalami Infeksi Mengerikan Setelah Mengunjungi Panti Pijat, Peringatan Bagi yang Suka Pijat Sembarangan