Find Us On Social Media :

TBC Semakin Mudah Menular Lewat Udara, Etika Ini Jadi Kunci Pencegahan

By Intisari Online, Jumat, 29 Maret 2019 | 08:00 WIB

Gejala TBC

Intisari-Online.com - Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini menyebabkan angka kematian atau kesakitan cukup tinggi.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada 2009 sebanyak 1,7 juta orang meninggal karena TBC, serta ditemukan 9,4 juta kasus baru penyakit ini.

Laporan WHO dalam Global Report 2009, pada 2008 Indonesia menempati posisi kelima dengan penderita penyakit TBC terbanyak. Setiap tahun terdapat sekitar 850.000 orang dengan TBC dengan 13 orang meninggal akibat TBC setiap jam.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu mengatakan, etika saat batuk menjadi salah satu cara pencegahan penularan penyakit ini.

Baca Juga : Penyakit TBC Bisa Pula Menyerang Ginjal, Jadi Jangan Abaikan Pengobatannya

"Penularan TBC sangat mudah melalui batuk atau bersin. Karena itu perlu etika saat batuk," kata Wiendra dalam keterangannya kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2019).

TBC biasanya ditandai dengan gejala batuk terus-menerus. Tak hanya itu, nafsu makan berkurang sehingga berat badan menurun juga menjadi salah satu gejalanya.

Gejala lainnya, antara lain berkeringat ketika malam hari walaupun tidak beraktivitas dan kadang-kadang sesak nafas.

Baca Juga : Singawalang, Si Tangguh Melawan TBC