Find Us On Social Media :

Kisah Heroik Taufik, Bocah Penyandang Disabilitas yang Selamatkan Puluhan Wisatawan Pasca Gempa di Lombok

By Intisari Online, Sabtu, 23 Maret 2019 | 11:00 WIB

Intisari-Online.com – Masih ingat mengenai gempa tektonik 5,8 Skala Richter yang terjadi di air terjun Tiu Kelep?

Diketahui pada Minggu (17/3/2019), terjadi gempa tektonik 5,8 Skala Richter di Air Terjun Tiu Kelep, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Akibatnya terjadi longsor di obyek wisata di kaki Gunung Rinjani tersebut.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat, ada beberapa korban tewas dan sekitar 40 wisatawa terjebak di lokasi.

Baca Juga : Viral Video Wanita Jilat Kursi Toilet Pesawat: Ini Bakteri dan Penyakit yang Bisa Menular Lewat Kursi Toilet

Sebagian besar wisatawan tersebut adalah wisatawan mancanegara asal China dan Malaysia.

Namun di tengah evakuasi, muncul Taufik (7), bocah penyandang disabilitas yang berhasil menjadi penyelamat bagi puluhan warga negara Malaysia yang menjadi korban luka.

Menurut sejumlah warga Malaysia yang selamat, mereka sangat berterima kasih dan bersyukur telah diselamatkan warga, termasuk Taufik.

Di mana ia lelah menunjukkan jalur aman untuk kembali dan mendapatkan pertolongan.

"Hari ini kami akan pulang ke Malaysia dan sungguh anak kecil yang menolong kami, sangat hebat", kata Wong Siew Lim (56), Jumat (22/3/2019).

Pasca-gempa Kamis kemarin, Taufik bersama kerabatnya diundang ke Rumah Sakit Umun Provinsi (RSUP) NTB, dalam konferensi pers bersama Duta Besar Malaysia, Global Peace Mission Malaysia, Bupati Lombok Utara Nazmul Ahkyar, dan tim dokter RSUP NTB.

Semua pihak mengapresiasi keberanian Taufik kecil, terutama Kedutaan Malaysia, yang menyebutnya sebagai pahlawan penyelamat. 

Baca Juga : Lakukan Tantangan Dengan Makan Cookies Sebanyak Mungkin, Nyawa Wanita Ini pun Melayang