Find Us On Social Media :

Jika Ibu Menyusui Suka Minum Kopi, Apakah Itu Berbahaya Bagi Bayi yang Disusui?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 20 Maret 2019 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com – Menyusui bisa melelahkan, terutama pada hari-hari awal ketika tidur bayi tidak teratur dan bangun beberapa kali setiap malam.

Secangkir kopi pagi mungkin bisa membantu seseorang mengelola kurang tidur, tetapi banyak orang khawatir akan efek kafein pada bayi mereka.

Amankah kafein bagi ibu yang sedang menyusui?

Banyak orang membatasi atau bahkan menghilangkan kafein selama kehamilan karena risiko kafein melintasi plasenta dan mempengaruhi perkembangan janin.

Baca Juga : 5 Cara Sembuhkan Migrain Tanpa Obat-obatan, Salah Satunya Minum Kopi

Namun, kafein jauh lebih kecil kemungkinannya mempengaruhi bayi yang menyusui.

Tubuh memetabolisme sebagian besar kafein dalam kopi sebelum mencapai ASI atau memiliki kesempatan untuk mempengaruhi bayi.

Menurut Dr. Thomas Hale dalam Medications and Mothers Milk, menyatakan kafein adalah obat berisiko rendah dalam jumlah sedang.

Hanya sekitar 1 persen dari kafein yang dikonsumsi seorang wanita masuk ke dalam ASInya, dan jumlah yang sangat kecil itu tidak cukup untuk membahayakan sebagian besar bayi.

Orangtua yang menyusui yang ingin mengambil pendekatan teraman harus mempertimbangkan membatasi asupan kafein hingga sekitar 300 miligram (mg) sehari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Jumlah kafein ini setara dengan 2 – 3 cangkir kopi.

Bahkan konsumsi kafein yang lebih dari 300 mg tidak mungkin membahayakan bayi, demikian dilansir dari medical news today.

Namun, CDC mencatat bahkan konsumsi kafein ekstrem yaitu lebih dari 10 cangkir sehari dapat menyebabkan gejala pada bayi, seperti rewel dan gelisah.

Kadar kafein dalam ASI mencapai puncaknya 1 – 2 jam setelah minum kopi.

Mereka yang baru saja menyusui dapat mengawasi bayi mereka selama waktu ini untuk melihat apakah bayi mereka mengalami efek dari kafein.

Sementara potensi risiko minum kopi selama kehamilan terdengar menakutkan, risiko kafein pada bayi menyusui tidaklah berat.

Beberapa ahli menyatakan keprihatinannya bahwa kafein dapat memengaruhi tidur bayi.

Baca Juga : Cara Minum Kopi Tanpa Khawatir Terkena Risiko Hipertensi

Tetapi sebuah penelitian tahun 2012 yang dilakukan terhadap 885 bayi di Brasil tidak sependapat.

Penelitian ini tidak menemukan dampak yang signifikan secara statistik pada kualitas tidur bayi berusia 3 bulan ketika disusui oleh seseorang yang mengonsumsi kafein.

Sebuah penelitian di Korea juga menemukan tidak ada risiko serius minum kopi kafein saat menyusui, terutama dengan konsumsi moderat beberapa cangkir sehari.

Beberapa orang percaya bahwa asam dalam kopi dapat menurunkan kandungan zat besi ASI, meskipun tidak ada bukti ilmiah terbaru untuk mengkonfirmasi hal ini.

ASI secara alami rendah zat besi, tetapi bayi membutuhkan zat besi untuk berkembang secara normal, sehingga orang yang minum kopi harus mendiskusikan suplementasi zat besi dengan dokter.

Ibu menyusui harus melakukan apa yang terasa nyaman bagi mereka, karena tidak ada alasan medis untuk menghindari minum kopi saat menyusui.

Juga tidak ada bukti bahwa kafein secara langsung bermanfaat bagi bayi.

Lalu, bagaimana dengan kopi tanpa kafein?

Kopi tanpa kafein memiliki sejumlah kecil kafein di dalamnya. Ini sama amannya atau bahkan lebih aman daripada kopi berkafein.

Kopi tanpa kafein masih sangat asam, sehingga dapat mempengaruhi jumlah zat besi dalam ASI.

Kopi bukan satu-satunya sumber kafein.

Mereka yang khawatir tentang konsumsi kafein mereka atau mereka yang memperhatikan bahwa kafein tampaknya berdampak buruk pada bayi harus memperhatikan makanan kaya kafein lainnya.

Beberapa sumber kafein yang umum termasuk: minuman berenergi, teh hitam, teh hijau, atau teh putih, minuman cola, produk cokelat, dan kakao.

Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa seseorang harus berhenti mengonsumsi kafein saat sedang menyusui, meskipun sebaiknya menikmatinya dalam jumlah sedang.

Baca Juga : Pria Minahasa Tewas Setelah Makan Durian dan Minum Kopi, Benarkah Kopi dan Durian Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan?