Find Us On Social Media :

Studi: Makan Telur 3 atau Lebih Selama Seminggu Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Kematian Dini

By Mentari DP, Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:30 WIB

 

Intisari-Online.com – Sudah diperdebatkan selama bertahun-tahun: Apakah telur baik atau buruk untuk kesehatan kita?

Jawabannya beragam. Ada yang berkata boleh. Ada juga yang tidak.

Namun sebuah studi baru menemukan hal tak baik jika terlalu banyak mengonsumsi telur.

Dilansir dari CNN pada Sabtu (16/3/2019), menurut Victor Zhong, penulis studi dari Departemen Kedokteran Pencegahan di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, telur, khususnya kuning telur, adalah sumber utama kolesterol makanan.

Baca Juga : (Foto) Senjata-senjata yang Diduga Digunakan Pelaku Penembakan di Selandia Baru, Ada Pistol Hingga Bom

Sehingga jika orang-orang mengonsumsi tiga atau empat telur per minggu atau 300 miligram kolesterol makanan per hari, maka mereka memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan kematian dini dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit telur.

Dalam studi yang diterbitkan Jumat di jurnal medis JAMA ini, Victor Zhong dan rekan-rekannya mencatat bahwa sebutir telur besar mengandung sekitar 186 miligram kolesterol.

Para peneliti memeriksa data dari enam kelompok studi AS termasuk lebih dari 29.000 orang yang melakukannya selama rata-rata 17,5 tahun.

Selama masa tindak lanjut, total 5.400 kasus kardiovaskular terjadi.

Data tersebut termasuk 1.302 kasus stroke fatal dan nonfatal, 1.897 kasus gagal jantung fatal dan nonfatal, dan 113 kasus kematian akibat penyakit jantung lainnya.

Tambahan 6.132 peserta meninggal karena sebab lain.

Analisis Zhong, ,engonsumsi 300 miligram tambahan kolesterol diet per hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 3,2% lebih tinggi dan risiko kematian dini 4,4% lebih tinggi.

Atau setiap makan setengah telur per hari dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular 1,1% lebih tinggi dan risiko kematian dini 1,9% lebih tinggi karena sebab apa pun.

Baca Juga : Pria Ini Alami Infeksi Otak Karena Bersihkan Telinga Dengan Cotton Bud: Ini Alasan Mengapa Kita Tak Boleh Menggunakannya