Find Us On Social Media :

Menurut Penelitian, Stres pada Wanita dapat Meningkatkan Perkembangan Kanker

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 22 Februari 2019 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian menegaskan bahwa stres dapat berkontribusi pada pertumbuhan kanker yang cepat, terutama pada wanita yang mengalami kecemasan dan depresi.

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation, menunjukkan bahwa stres dan depresi kronis menyebabkan pelepasan hormon yang dikenal sebagai epinefrin, yang kemudian memicu reaksi biokimia yang mendorong pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara, demikian dilansir dari Medical Daily.

Penelitian sebelumnya sudah menyatakan hubungan antara stres dan kanker. Namun, sebagian besar temuan tidak menentukan bagaimana kondisi tersebut secara langsung mempengaruhi kanker.

Baca Juga : Berikut Inilah Jenis Pekerjaan yang Paling Mudah Menyebabkan Stres

Dalam penelitian baru, para peneliti menemukan reaksi sel induk kanker terhadap stres melalui tes pada tikus yang melibatkan sel kanker payudara pada hewan dan manusia.

Tim tersebut menginduksi stres kronis pada tikus selama seminggu sebelum memiliki sel kanker payudara manusia atau tikus.

Mereka menemukan bahwa tikus yang mengalami stres kronis menunjukkan perubahan perilaku yang konsisten dengan kecemasan dan depresi dan memiliki tumor yang lebih besar dan lebih cepat tumbuh pada saat yang sama.

Baca Juga : Bisakah Stres Sebabkan Kanker Darah? Penyakit yang Diderita Ani Yudhoyono