Find Us On Social Media :

Kerja Bareng Grid Network dan BABE, Siap Tayangkan Berita Berkualitas Tanpa Hoaks

By Ade S, Jumat, 8 Februari 2019 | 08:49 WIB

Intisari-Online.com - Maraknya peredaran hoax dianggap meresahkan masyarakat Indonesia, khususnya menjelang Pemilu April 2019.

Untuk itulah Gird Network dan aplikasi Baca Berita (BABE) Indonesia bekerja sama dan berkomitmen untuk menyajikan berita-berita berkualitas.

Kerja sama itu sendiri "dikukuhkan" berbarengan dengan sharing session yang dilakukan BABE untuk para penggawa Grid Network, di Gedung Kompas Gramedia Majalah, Kebonjeruk, Jakarta Barat, (8/2/2019).

Shelly Tantri sebagai Head of Business Development dan Indira Melik sebagai Head of Content Operational PT MP Games (BaBe Apps) yang menjadi pembicara.

Baca Juga : Di Panggung Narasi Playfest 2018, Fahri Hamzah Akhirnya Meminta Maaf Kepada Tompi soal Hoax Ratna Sarumpaet

Artificial Intelligence

Berita-berita dari setiap brand dari Grid Network, mulai dari berita kesehatan, ekonomi, tips-tips, otomotif, parenting, hingga berita-berita ringan lainnya yang menarik untuk dibaca, akan disajikan di aplikasi berita BABE.

Untuk menjaga kualita konten yang sesuai dengan preferensi pengguna, BABE mengunakan teknologi artificial intelligence (AI).

"Karena konten di Babe disaring menggunakan model artificial intelligence (AI) sehingga teknologinya bakal mengikuti penggunanya," tegas Indira.

Baca Juga : Awas Berita Hoax Marak Beredar di Internet, Cek Dulu Kebenarannya!

Teknologi ini sangat membantu menyaring berita, foto, dan video yang layak ditayangkan atau tidak. "Selain AI, SDM di Babe juga membantu penyaringan di tahap akhir dan merekomendasikan berita lebih lanjut di setiap kanalnya."

Sebagai agregator berita, cara kerja Babe adalah mengumpulkan artikel dari berbagai partner yang bekerjasama untuk kemudian masuk ke dalam 30 kategori kanal, sehingga konten-konten tersebut bisa disharing oleh mesin AI dan secara manual.

Selanjutnya, Babe akan merekomendasikan ke pembaca sesuai personalisasi pengguna. "Misal, Orang yang sering membaca menu masakan, maka selanjutnya saat mengakses aplikasi Babe ia akan disuguhi berbagai informasi tentang menu masakan," ungkap Indira. 

Baca Juga : Viral Kabar Restoran Vegetarian di Thailand Sajikan Daging Manusia Ternyata HOAX, ini Faktanya