Find Us On Social Media :

Prediksi Media Sosial 2019: Bersiaplah Menghadapi Perang Avatar!

By Agus Surono, Jumat, 18 Januari 2019 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com - Bicara media sosial tak bisa dilepaskan dari generasi langgas (milenial).

Hokky Situngkir, dari Center for Complexity - Surya University, bilang bahwa spirit media sosial itu adalah produk aplikasi informatika dari, oleh, dan untuk kelompok demografis yang disebut “kaum milenial”.

Kaum langgas merupakan generasi yang benar-benar merasakan pentingnya interkoneksi dan relasi, selain kapasitas individual, yang menjadi keutamaan di generasi sebelumnya.

"Peran kaum langgas dengan begitu menjadi luar biasa penting dalam memandang dinamika media sosial kita. Kaum langgas bergaul, rekreasi, hingga mencari pekerjaan, berkomunitas, bahkan berupaya menemukan eksistensi diri melalui media sosial,” kata Hokky.

Baca Juga : Ini Alasan Pasangan yang Benar-benar Bahagia Jarang Mengunggah Kebersamaan Mereka di Media Sosial

Baca Juga : Jangan Unggah 5 Foto Ini di Media Sosial, Nomer 5 Paling Sering Kita Lakukan

Dalam kondisi seperti itu, memasuki 2019, kaum langgas ini akan “terseret” dalam arus itu dan memberi warna dalam dunia media sosial 2019 ini.

“Perang” media sosial menuju Pemilu 2019 sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak akhir tahun 2018.

“Zaman dulu, ’Perang Informasi’ itu kan adalah praktik-praktik spionase. Kemudian pada beberapa dekade yang lalu perang hacker, peretasan-peretasan platform informatika untuk mencuri informasi dan atau melumpuhkan informasi lawan," kata Hokky.