Find Us On Social Media :

Tak Hanya Indonesia, Seluruh Dunia Berubah 'Mencekam' Seperti Ini Ketika Terjadi Erupsi Krakatau

By Afif Khoirul M, Senin, 24 Desember 2018 | 12:00 WIB

 

Intisari-online.com - Pada Sabtu (22/12/2018) sebuah bencana terjadi di Banten, di mana tsunami menerjang dan memporak-porandakan kawasan tersebut.

Senin (24/12) pukul 07.00 WIB pagi, Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menyampaikan bahwa setidaknya tercatat, 281 lebih korban meninggal dan 1.016 orang mengalami luka-luka dan 57 lainnya masih dinyatakan hilang akibat bencana tersebut.

Menurut keterangan BMKG tsunami ini terjadi salah satunya karena fenomena alam dan kemungkinan material sedimen di sekitaran Anak Krakatau di bawah laut longsor sehingga memicu tsunami.

Meski demikian, erupsi Anak Krakatu belum terjadi sepenuhnya, dan jika hal itu terjadi bukan tidak mungkin bencana dasyat terjadi seperti ketika gunung Krakatau Meletus pada 1883 silam.

Baca Juga : 10 Manfaat Jepan alias Labu Siam yang Jarang Diketahui. Salah Satunya Bisa Tingkatkan Fungsi Otak, Lo!

Namun, tentu saja kita tidak menginginkan hal itu terjadi, pasalnya ketika Krakatau meletus tak hanya Indonesia, seluruh dunia hingga New York merasakan fenomena mencekam.

Melansir dari history.com, tahun 1883 gunung Krakatau melakukan erupsi yang menewaskan ribuan orang dan menjadi salah satu bencana geologis terburuk di zaman modern.