Find Us On Social Media :

Berjalan Selama 3 Kali Seminggu Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak Lho, Yuk Dicoba!

By Mentari DP, Kamis, 20 Desember 2018 | 12:00 WIB

 

Intisari-Online.com – Seperti yang kita tahu semakin bertambahnya usia, semakin berkurang juga cara kerja tubuh kita.

Hal yang sama pun terjadi pada otak kita.

Nah, untuk menjaga agar otak kita tetap sehat, ada lho cara mudah yang bisa kita lakukan. Apa itu?

Dilansir dari CNN pada Kamis (20/12/2018), sebuah penelitian baru yang terbitkan pada Rabu (19/12/2018) dalam jurnal Neurology mengungkapkan bahwa berjalan atau bersepeda selama tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan berpikir.

Baca Juga : BJ80, SUV China yang Dijuluki Kendaraan Off-Road Paling Tangguh di Dunia, 7 Kali Lebih Kuat dari Mercedes-Benz

Tidak hanya itu, dua hal sederhana ini juga dapat membuart jantung lebih sehat.

“Jadi Anda dapat meningkatkan kesehatan otak dengan meningkatkan kesehatan jantung pada saat yang sama,” kata penulis studi utama James Blumenthal, seorang psikolog klinis di Duke University.

Dua cara ini juga diyakini dapat mengurangi risiko Alzheimer dan demensia, kata Dr Richard Isaacson, yang mengarahkan Pencegahan Alzheimer Klinik di Weill Cornell Medicine.

"Anda dapat melakukannya mulai hari dan melihat hasilnya besok, tambah Isaacson.

Diet dan olahraga atau tidak sama sekali

Diketahui penelitian ini melibatkan 160 orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi atau risiko lain untuk penyakit kardiovaskular, yang tidak pernah berolahraga dan memiliki masalah kognitif seperti kesulitan membuat keputusan, mengingat, atau berkonsentrasi.

Peserta rata-rata berusia 65, di mana dua pertiga perempuan. Siapa pun yang didiagnosis dengan demensia atau tidak dapat berolahraga dikeluarkan.

Baca Juga : Gali Lubang untuk Septic Tank, Pekerja Ini Malah 'Bongkar' Kuburan Massal 45 Jenazah Korban Tsunami Aceh 14 Tahun Lalu