Find Us On Social Media :

Sudah Punya F-35, Lalu Apa Tujuan AS Mereplika Jet Tempur J-20 Buatan China?

By Intisari Online, Minggu, 16 Desember 2018 | 19:30 WIB

Intisari-Online.comAmerika Serikat dikabarkan telah membangun sebuah replika pesawat tempur China dengan ukuran asli, yang disebut akan digunakan untuk tujuan latihan.

Tiruan dari jet tempur Chengdu J-20 Mighty Dragon milik Angkatan Udara China dilaporkan terlihat di sebuah fasilitas militer di Bandara Savannah-Hilton, Georgia, yang merupakan markas pusat kekuatan udara AS, Air Dominance Center (ADC).

Sebuah foto yang menampilkan sebuah jet tempur, yang diduga tiruan J-20, tersebut dirilis oleh situs TheAviatonist.com, pada 7 Desember lalu. Foto itu diklaim diambil dua hari sebelumnya.

Sejumlah pihak awalnya menuduh foto tersebut adalah rekayasa, namun sebuah situs blog militer mengutip pernyataan Komandan ADC, Kolonel Emmanuel Haldopoulos, menyebutkan kebenaran kabar tersebut.

Baca Juga : Apakah Teh Atau Kopi di Pesawat Terbang Aman untuk Diminum?

"Pesawat tiruan itu adalah replika skala penuh dan berada di Air Dominance Center untuk jangka waktu yang singkat dari 4-6 Desember," tulis pernyataan yang dikutip situs tersebut.

"Korps Marinir AS melakukan pendanaan dan mengarahkan tujuan pelatihan dari perangkat ini. Replika akan digunakan untuk pelatihan darat," tambah pernyataan itu.

Sebuah pernyataan dari Komando Pendidikan dan Pelatihan Korps Marinir (TECOM) menyebutkan, pihaknya telah dikontrak oleh Kantor Manajemen Sistem Ancaman Angkatan Udara untuk menyediakan tiruan kendaraan dan pesawat udara yang mirip dalam skala penuh untuk beberapa pangkalan Korps Marinir.

Baca Juga : Seperti Inilah Kisah Ketika Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Jatuh Cinta, Romantis!