Find Us On Social Media :

Bagaimana Kondisi Asfiksia yang Disebabkan Helium Bisa Sangat Mengancam Nyawa?

By Ade Sulaeman, Jumat, 14 Desember 2018 | 09:45 WIB

Intisari-Online.com - Polisi menyatakan menemukan tabung gas bertuliskan He, selang, dan tabung freon di kamar Eril Ario Listanto Dardak, adik dari Bupati Trenggalek Emil Listyanto.

Eril sendiri dtemukan meninggal dunia meninggal dunia di kamar kosnya Rabu (12/12/2018) siang.

"Sementara ada tabung gas bertuliskan He, kemungkinan ini gas tertentu, kemudian selang, dan tabung freon," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema, Kamis (13/12/2018), seperti dilansir dari kompas.com.

Selang tersebut, menurut Irman, tersambung pada gas bertuliskan He di mana ujung lainnya tersambung ke dalam plastik yang menutupi kepala Eril.

Baca Juga : Misteri Tabung Gas Bertuliskan 'He' yang Tersambung ke Plastik di Wajah Eril Dardak

"Pada saat ditemukan di TKP, awal ditemukan tabung itu ada di TKP, dan kemudian ada sambungan selang yang menuju ke dalam plastik yang digunakan untuk menutup sebagian dari kepala korban," tutur Irman.

Sampai berita ini diturunkan, pihak kepolisian belum memberi kesimpulan mengenai penyebab kematian Eril. Begitu pula mengenai penemuan tabung gas bertuliskan He.

Namun, He atau helium sering kali digunakan oleh orang-orang yang hendak bunuh diri.

Gas ini, seperti halnya karbon dioksida atau hidrogen akan menyebabkan tubuh mengalami asfiksia.

Baca Juga : Tabung 'He' di Kamar Eril Dardak: Suicide Bag, Cara Bunuh Diri dengan Helium yang Banyak 'Diajarkan' di Internet

Apa itu asfiksia? Mari kita simak penjelasannya dalam artikel Kevin Sanly Putera yang pernah tayang di kompas.com dengan judul "Asfiksia, Kurang Oksigen yang Mengancam Nyawa" berikut ini.

---

Asfiksia ditandai dengan kondisi darah yang kekurangan oksigen dan tingginya kandungan karbon dioksida.