Find Us On Social Media :

Daftar YouTuber Paling Sukses Tahun 2018, Ada Bocah 7 Tahun dengan Pendapatan Rp316 Miliar

By Intisari Online, Kamis, 6 Desember 2018 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - Bukan rahasia bahwa kreator konten di layanan berbagi video YouTube, atau diistilahkan “ YouTuber”, kerap bergelimang harta.

Pendapatan mereka datang melalui berbagai penjuru, baik dari AdSense, kemitraan dengan brand, hingga membuat merchandise untuk para penggemar.

Bahkan, tak sedikit YouTuber yang memanfaatkan popularitas untuk mengembangkan bisnis baru.

Tahun ini, seorang YouTuber berumur 7 tahun bahkan berhasil mengumpulkan 22 juta dollar AS (Rp 316 miliar) sepanjang 2018.

Baca Juga : Ibu YouTuber Jisun Masuk RS Setelah Makan Mi 'Abang Adek' dengan 500 Cabai: Ini 5 Cabai yang Puluhan Kali Lebih Pedas dari Cabai Rawit

Selengkapnya, berikut 10 YouTuber yang menghimpun duit terbesar selama setahun belakangan.

10. Logan Paul

Pria berumur 22 tahun ini sempat menghebohkan jagat maya ketika mengunggah video kunjungannya ke hutan Aokigahara, Jepang, yang kerap menjadi tempat bunuh diri.

Baca Juga : 10 Youtuber Terkaya di Dunia, Ada yang Penghasilannya Capai Rp216 Miliar per Tahun!

Logan Paul menunjukkan salah satu mayat bunuh diri yang tergantung di pohon dalam videonya. Perbuatan itu dihujat netizen dan berdampak pada karirnya di YouTube.

YouTube melarang segala bentuk iklan masuk ke channel Logan Paul. Alhasil, pendapatannya dari AdSense berhenti total. Para brand pun memutus kontrak kerja sama dengannya.

Namun, para loyalis Logan Paul tetap mendukung sang idola dengan membeli merchandise-nya melalui brand “Maverick”. Sepanjang 2018, Logan Paul berhasil menghimpun pendapatan 14,5 juta dollar AS (Rp 208 miliar).

9. PewDiePie

Pria asal Swedia dengan nama asli Felix Kjellberg ini merupakan YouTuber dengan subscriber terbanyak, yakni 72,5 juta. Seperti Logan Paul, PewDiePie pun sempat bermasalah karena video-videonya yang kerap memicu pro dan kontra di masyarakat.

Ia sempat mengunggah video yang dianggap provokatif dan bermuatan anti-Yahudi. Akibatanya, beberapa brand sempat menghentikan kontrak dengannya.

Namun, belakangan brand kembali mendekat seiring berjalannya waktu. Sepanjang tahun ini, ia berhasil mengumpulkan duit 15,5 juta dollar AS (Rp 222 miliar).

Baca Juga : YouTuber Ini Coba Hilangkan Komedo dengan Sikat Gigi dan Odol, Berhasilkah?