Find Us On Social Media :

Inilah Cara Lumba-lumba Tidur

By Muhammad Fauzan Aziz, Minggu, 20 April 2014 | 10:00 WIB

Intisari-Online.com Mamalia laut, macam lumba-lumba dan paus memiliki gaya tidur yang berbeda. Aktivitas tidur mereka disebut “unihemispheric slow-wave sleep”.(baca juga: Lewat Suara, Lumba-lumba Saling Mengenal

Disebut juga sebagai deep sleep, gaya tidur tersebut merupakan jenis yang membantu otak untuk  memperkuat memori baru dan memulihkannya dari aktivitas sehari-hari.

Saat akan tidur, lumba-lumba akan akan mematikan satu bagian otak saja, dan menutup mata yang berlawanan. Misalnya, saat lumba-lumba mematikan otak kiri, dia akan menutup mata kanan, begitu sebaliknya.

Pada saat itu, sebelah otak yang bekerja, akan mengamati lingkungan dan mengatur fungsi pernapasan.

Terkadang saat tidur, lumba-lumba akan mengambang di permukaan laut dan tidak bergerak. Di waktu lainnya, lumba-lumba akan akan berenang perlahan.

Menurut jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews, selama 24 jam saat tidur, setiap bagian otaknya akan dimatikan setiap empat jam, secara bergantian.

Jurnal tersebut juga mencatat, ada bukti yang menunjukan jika lumba-lumba juga melakukan rapid-eye-movement atau REM dalam tidur mereka.

Ada tiga alasan mengapa lumba-lumba merubah gaya tidur mereka. Jurnal ini mencatat, lumba-lumba akan tenggelam jika mereka tidak mengaktifkan sebagian otaknya, agar bisa aktif bernapas.

Gaya tidur tersebut juga membantu lumba-lumba, untuk terhindar dari bahaya, meskipun mereka sedang tidur.(baca juga: Setiap Tahunnya, Kepulauan Faroe Membunuh Ratusan Paus

Di lautan yang dingin, gaya tidur lumba-lumba juga dapat mempertahankan proses fisiologis. Pergerakan otot dikala tidur akan membantu mamalia laut ini menjaga suhu badan. (livescience.com)