Find Us On Social Media :

Tak Hanya Luar Ruangan, Kini Google Maps Juga Bisa Mencari Jalan di Dalam Ruangan

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 8 Desember 2015 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com - Tak hanya di luar ruangan, kini Google Maps juga bisa mencari jalan di dalam ruangan. Dengan dilengkapi fitur bernama Indoor Maps, kita bisa menelusuri gedung-gedung penting di Jakarta dan seluruh Indonesia.

“Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna di Indonesia, baik turis maupun masyarakat setempat,” kata Nikhil Vaishnavi, Product Manager Google Maps dalam sebuah keterangan pers pada Selasa (8/12). Indoor Maps akan membantu pengguna melihat detail per lantai sebuah gedung; bisa melihat letak toko-toko, ATM, dan toilet, ketika pengelola gedung sedang tidak berada di sekitar pengguna.

Denah lantai yang mendetail akan muncul secara otomatis saat pengguna melakukan zoom in di gedung atau lokasi di mana fitur Indoor Maps tersedia. Serupa dengan layanan Google Maps biasa, akan ada “titik biru” yang berkedip­kedip sesuai titik di mana pengguna berada. Ketika berpindah lantai, Google Maps juga akan memperbarui lokasi.

Saat ini, sudah ada 60 tempat di 13 kota di Indonesia yang sudah kehadiran fitur tersebut. Jumlah gedung tersebut memang belum terlalu banyak. Namun, para pemilik gedung bisa membantu meningkatkan jumlah tersebut dengan cara mengunggah floorplan properti masing-masing.

Berikut daftar lokasi indoor di Indonesia yang sudah bisa dijelajahi lewat Google Maps:

Bandara

Gedung pertemuan

Pusat perbelanjaan

Museum

Universitas

Nantinya, Google juga akan membantu mengubah floorplan tersebut ke dalam format Maps. Pemilik gedung bisa mengunggahnya melalui tautan berikut ini. Untuk sementara, peta indoor di wilayah Indonesia baru bisa diakses lewat aplikasi Google Maps untuk Android. Pemilik platform lain seperti iOS masih harus menunggu sebelum dapat memanfaatkan fitur tersebut.