Find Us On Social Media :

Biante Bersolek dengan Skyactiv

By Agus Surono, Jumat, 20 September 2013 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com - Dalam ajang Indonesia International Motor Show 2013, agen pemegang merek Mazda, PT Mazda Motor Indonesia (MMI), meluncurkan Mazda Biante yang menggunakan teknologi sky activ. Mesin yang digunakan oleh mobil seharga Rp 398 juta on the road itu adalah SKYACTIV-G 2.0.

Mobil ini menggunakan rancangan Kodo Soul of Motion yang dilengkapi dengan dua elemen Skyactiv Technology yakni Skyactiv - G 2.0 dan Skyactiv-Drive.

"Skyactiv-G 2.0L dengan konfigurasi 4 silinder inline, DOHC, 16 Katup dan penggerak roda depan (FWD) merupakan terobosan teknis yang mampu mencapai rasio kompresi tinggi dengan perbandingan 12:01, sehingga menghasilkan kinerja kendaraan yang memuaskan, irit bahan bakar, dan emisi kendaraan yang terkontrol," kata Bonar Pakpahan, product planner PT MMI. Bonar juga menambahkan bahwa sampai tahun 2015 sekitar 80 persen kendaraan Mazda menggunakan teknologi SkyActiv.

Untuk mengaplikasikan mesin itu butuh waktu sekitar setahun. Ruang mesin Biante terbatas untuk dicangkokkan SkyActiv. Dengan teknologi ini Biante akan menjelma menjadi kendaraan multiguna yang dibekali teknologi ramah lingkungan.

Dalam sambutannya saat peluncuran di Kemayoran itu, Presiden Direktur Mazda Indonesia, Keizo Okue, mengatakan bahwa sekarang konsumen akan memperoleh tambahan pilihan akan mobil ramah lingkungan.

Okue menambahkan, Biante edisi ini juga memiliki teknologi khusus Mazda yang disebut idle-stop system atau I-STOP. Sebuah teknologi yang dapat menghidupkan dan mematikan mesin dalam waktu singkat atau sekitar 0.35 detik setelah kendaraan berhenti. Teknologi ini, kata Okue, dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar.

Dari sisi dimensi Biante menawarkan kelegaan. Kursi sopir dapat diatur dalam enam posisi. Sementara kursi penumpang dengan empat posisi.

Biante terdiri dari 5 warna yaitu jet black mica, clear water blue metallic, radiant ebony mica, alumunium metallic, dan crystal white pearl mica. Dalam pameran IIMS ini, Mazda menawarkan beberapa produk Mazda seperti Mazda CX-5, Biante, CX-9, Mazda2, Mazda8, Mazda MX-5 dan Mazda VX-1.