Find Us On Social Media :

Pernah Mendengar 'Partikel Tuhan' yang Menurut Hawking Bisa Timbulkan Kiamat? Kali Ini Ada Teori Partikel Virtual yang Bisa 'Menelan' Matahari

By Editorial Grid, Minggu, 18 Maret 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com - Mungkin ada bintang yang besar yang siap runtuh akibat 'tertelan' sesuatu yang mirip dengan 'black hole'.

Ini merupakan sebuah teori baru yang diterbitkan dalam jurnal Physical Review Letters pada awal Februari.

Kita tahu bahwa sebelumnya ada teori 'Partikel Tuhan' yang dipopulerkan oleh Stephen Hawking semasa hidupnya.

Namun saat ini, jurnal tersebut mengungkapkan kerangka teoritis menyeluruh pertama untuk memahami objek yang disebut "gravastars" dan "bintang hitam (black stars)".

(Baja Juga: 'Partikel Tuhan', Penemuan Gila yang Menurut Stephen Hawking Bisa Memicu Kiamat)

Itu adalah bintang-bintang yang sangat tipis dan mudah runtuh, seperti lubang hitam yang terkenal dengan sebutan 'black hole'.

Tapi cara kerja bintang ini tidak seperti lubang hitam, gravastars dan bintang hitam tidak menjadi begitu padat, membentuk cakrawala yang tidak bisa ditembus cahaya.

Itu berkat sebuah fenomena yang dikenal sebagai "polarisasi vakum kuantum".

(Baja Juga: Minggu Neraka Pendidikan Paling Brutal Navy SEAL untuk Menentukan Seseorang Lulus atau Gagal Jadi Anggota Angkatan Laut AS)

Begini cara kerjanya:

Ada sebuah prinsip dalam mekanika kuantum, bahwa ruang kosong tidak benar-benar kosong, namun dihuni dengan 'virtual partikel'.

Partikel-partikel ini digambarkan oleh mekanika kuantum, bahwa fisika lebih diperhitungkan oleh probabilitas daripada kenyataan.

Karena kemungkinan kecil bahwa partikel mungkin ada dalam satu titik kosong di luar angkasa.