Find Us On Social Media :

Sakit Disentri Justru Membuat Pilot yang Pernah Rontokkan Pesawat Sekutu di Indonesia Ini Selamat dari Perang

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 17 Maret 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Ketika menguasai Indonesia pada Perang Dunia II, militer Jepang memiliki pilot-pilot tempur handal yang berhasil merontokkan pesawat-pesawat tempur Sekutu.

Salah satunya adalah pilot tempur bernama Kapten Hiroshi Onozaki, top ace dari satuan 59th Sentai.

Selama bertempur di Indonesia,  dia pernah merontokkan delapan pesawat tempur jenis Hurricane, sebuah Bleinheim IV dan pesawat latih Ryan STM-2 di langit Jawa.

Onozaki pernah juga menembak jatuh sebuah pengebom Mitchell B-25 US Army Air Force di atas Dili, Timor (sekarang Timor Leste).

Onozaki lahir 1917 di Tochigi Prefecture, Jepang, mendapat pelatihan terbangnya di Kumagaya dalam program 3rd term Youth Flight Programme bulan Februari 1936.

Dari sekian banyak siswa, dialah yang paling menonjol.

(Baca juga: Dikenal Psikopat, Hitler Justru Berusaha Batalkan Misi Bunuh Diri Pilot Kamikaze Nazi karena Alasan Ini)

Begitu lulus, Hiroshi Onozaki langsung dikirim ke Akeno Fighter School untuk menjadi pilot tempur.

Sewaktu Nomonham Incident berkobar, Onozaki ditempatkan di 59th Sentai di Manchuria tapi saat itu dia tidak dapat kesempatan beraksi.

Baru Desember 1941 pilot muda ini mendapat kesempatan bertempur sebagai salah seorang pilot 1st Chutai di Malaya.

Unitnya menyeberang Teluk Siam dari Indochina (sekarang Vietnam) dan melakukan straffing (tembakan dari udara) pada lapangan-lapangan udara Kota Baharu di timur laut Malaya.

Pada  21 Desember 1941, Sersan Onozaki mendapat kesempatan dogfight dengan pesawat Brewster Buffalo yang dipiloti Sersan KR Leys dari No.455 Squadron RAAF (Australia).

Dia keluar sebagai pemenangnya. Sementara pilot lain dari 59th Sentai Japan Army Air Force, juga menembak jatuh tiga pesawat musuh.