Find Us On Social Media :

M113 yang Tenggelam saat Angkut Siswa TK Sebenarnya Sudah Terbukti Tangguh di Medan Perang, Namun Punya Syarat Agar Tak Tenggelam

By Ade Sulaeman, Minggu, 11 Maret 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Dalam pertempuran yang telah terjadi di berbagai belahan dunia mulai dari Perang Vietnam hingga peperangan di Yaman, semua pasukan tempur sangat tergantung kepada kendaraan.

Fungsi kendaraan tempur itu adalah untuk mengangkut pasukan ke berbagai front peperangan dalam waktu cepat dan bisa melintasi semua medan perang.

Andalan pasukan tempur untuk mencapai medan perang dan sedekat mungkin berhadapan dengan musuh adalah helikopter dan kendaraan angkut personel lapis baja yang populer disebut sebagai APC (Armoured Personel Carrier).

Sebagai kendaraan angkut personel bersenjata lengkap, APC harus bisa melintasi semua medan tempur dan merupakan kendaraan beroda rantai serta berkemampuan amfibi.

(Baca juga: Dikenal sebagai yang Terganas di Dunia, Pasukan Gurkha Sebenarnya Orang-Orang Gunung yang Berhati Mulia)

Artinya APC ini bisa digunakan baik di medan perang darat maupun air.

Untuk melindungi pasukan yang diangkut dan sekaligus melawan musuh, dinding APC berlapis baja antipeluru dan dilengkapi senapan mesin penumpas musuh seperti Minimi atau Browning kaliber 7.62 mm.

Medan perang berlumpur, berupa jalanan hutan yang terjal, dan menerobos sungai- sungai sebenarnya merupakan “makanan” APC .

Seperti sejumlah APC yang telah dimiliki oleh TNI AD, yakni APC M113.

Sejumlah APC M 113 TNI AD, khususnya 36 unit APC M113 milik Batalyon Infanteri Mekanis 412 Purworejo, Jawa Tengah sebenarnya merupakan APC baru dan diterima pada tahun 2016.

Armada APC M 113 buatan AS itu menjadi kebanggaan bagi Yon 412 Purworejo dan menjadi wahana untuk mengkampanyekan kedekatan TNI dengan rakyat.

Kegiatan “joy ride” atau naik APC demi tujuan rekreasi dan mendekatkan TNI dengan rakyat pun sudah biasa diselenggarakan oleh Yon 412 bersama masyarakat sekitar, misalnya mengundang anak-anak sekolah.