Find Us On Social Media :

Kepercayaan Cina yang Menular ke Korea: Letak Makam Menentukan Rezeki Anak Cucu

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 25 Februari 2018 | 19:45 WIB

Intisari-Online.com – Ini bukan pendapat Intisari, tetapi kepercayaan Cina yang "menular" ke Korea. Yang penting bukan hanya tempat untuk mati, tetapi juga tempat tinggal waktu masih hidup.

Istana presiden Korea Selatan misalnya, konon tempatnya sangat baik. Apakah karena itu ia datang lima menit terlambat di tempat naas di Rangoon bulan Oktober tahun 1983 lalu?

Tujuh belas orang Korea yang tewas dalam peristiwa peledakan bom di Rangoon, Birma, tanggal 9 Oktober 1983 dimakamkan dengan upacara kehorrnatan di Pemakaman Nasional yang terletak di sebelah selatan ibukota Korsel, Seoul.

Di Pemakaman Nasional itu terdapat pula kuburan dua presiden Korsel: Syngman Rhee dan Park Chung-hee.

Menurut beberapa jikwan (sebutan bagi ahli geomancy di Korea), pemakaman itu merupakan myongdang, artinya tempat yang bagus, yang memberi ketenangan pada arwah orang yang meninggal, sehingga bisa memberi rezeki pada keturunan yang ditinggalkannya.

(Baca juga: Menang Lotre Rp76 Miliar, Wanita Tua Ini Lakukan Operasi Plastik agar Terlihat Lebih Muda dan Hasilnya Sungguh Menakjubkan!)

Beberapa jikwan lain menyatakan bahwa pemakaman itu sebenarnya bukan myongdang yang terlalu baik.

Nenek moyang harus senang

Orang Korea di masa yang lalu niaupun di masa kini banyak yang percaya bahwa roh-roh yang tidak kelihatan hadir dan memberi pengaruh pada bumi dengan energi kreatif mereka. Mereka menyebabkan bunga-bunga mekar dan buah-buahan tumbuh.

Mereka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bumi dan mereka memusatkan energinya di tempat-tempat tertentu.

Karena nenek moyang yang sudah meninggal dianggap tidak tinggal di dunia lain, melainkan menempati ruang yang sama seperti orang hidup dan jenazah mereka dianggap memberi energi kepada keturunannya, maka tidak heran kalau keturunan mereka merasa perlu memperhitungkan mereka.

Makam nenek moyang dianggap sebagai rumah dari nenek moyang. Kalau nenek moyang merasa senang dalam makamnya, rezeki keturunannya terjamin. Karena itu menemukan tempat pemakaman yang paling baik bagi nenek moyang dianggap sangat penting.

(Baca juga: Berdasar Penemuan Terbaru Nenek Moyang Orang Inggris Diyakini Berkulit Gelap)