Find Us On Social Media :

Hanya 2 Hal yang Orang Pertanyakan Saat Pertama Kali Bertemu, namun Hal Itu Menentukan Kesuksesan Kita

By Tatik Ariyani, Selasa, 20 Februari 2018 | 19:30 WIB

Intisari-Online.com - Orang menilai Anda yang baru ditemuinya hanya dalam hitungan detik, tapi apa sebenarnya yang mereka pikirkan dalam kesan pertama pertemuan itu?

Dilansir dari Insider, profesor Harvard Business School Amy Cuddy bersama sesama psikolog Susan Fiske dan Peter Glick selama lebih dari 15 tahun telah mempelajari kesan pada pertemuan pertama dan telah menemukan pola dalam interaksi ini.

Dalam bukunya yang baru "Presence," Cuddy mengatakan bahwa orang dengan cepat menjawab dua pertanyaan saat mereka pertama kali bertemu dengan seseorang yaitu:

1. Dapatkah saya mempercayai orang ini?

(Baca juga: )

2. Dapatkah saya menghormati orang ini?

Psikolog mengacu pada dimensi ini sebagai kehangatan dalam sikap dan memiliki kompetensi yang idealnya seseorang ingin dianggap memiliki keduanya.

Menariknya, Cuddy mengatakan bahwa kebanyakan orang, terutama dalam konteks profesional, percaya bahwa kompetensi adalah faktor yang lebih penting.

Lagi pula, orang ingin membuktikan bahwa mereka pintar dan cukup berbakat untuk menangani sebuah bisnis.

?(Baca juga: )

Tapi sebenarnya, kehangatan atau kepercayaan, adalah faktor terpenting dalam bagaimana orang mengevaluasi Anda.

Cuddy berkata, dari perspektif evolusioner, lebih penting bagi kelangsungan hidup kita untuk mengetahui apakah seseorang layak dipercaya atau tidak.

Sementara kompetensi sangat dihargai, Cuddy mengatakan bahwa hal itu akan berharga setelah kepercayaan dibuat.