Find Us On Social Media :

(Video) Inilah 6 'Kesalahan' dalam Sistem Pendidikan Kita yang Dianggap Tak Sesuai dengan Dunia Kerja saat Ini

By Ade Sulaeman, Jumat, 16 Februari 2018 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com - Sebuah video berjudul “Ada yang Salah dengan Sistem Pendidikan Kita’ banyak beredar di lini masa Facebook.

Ada beberapa akun yang menyebarkannya. Salah satunya laman Saintif dimana video tersebut sudah disebar lebih dari 7589 kali (15/2/2018).

Video itu sendiri sebenarnya merupakan saduran dari sebuah video dari akun media sosial YouTube Next School yang berjudul “6 Problems With Our School System”.

Dalam video tersebut, yang ditampilkan di bagian akhir artikel ini, dijelaskan bagaimana kehidupan, berikut dengan dunia kerjanya, berubah dengan sangat cepat.

(Baca juga: BPOM Nyatakan Albothyl Tidak Disarankan untuk Obat Sariawan, Inilah Alasannya)

Sementara itu, sistem pendidikan nyaris tidak pernah berubah selama ratusan tahun.

Apalagi, sistem pendidikan yang sampai saat ini masih banyak digunakan di berbagai penjuru dunia dirancang di era industri, dimana output-nya adalah untuk pekerjaan di pabrik.

Mengapa hal itu bisa terjadi, video tersebut menjelaskan enam alasannya, yaitu:

Masalah pertama: Nilai-nilai era industrial

Anak-anak dididik untuk mengerjakan setumpuk tugas, mereka nyaris tidak melakukan hal apapun selain yang sudah diarahkan oleh sekolah.

Sama seperti di pabrik, mereka yang dianggap paling baik sering kali merupakan mereka yang mampu melakukan segala sesuatu sesuai instruksi.

Padahal, di dunia modern saat ini, banyak hal yang perlu dilakukan tanpa ada petunjuk sedikitpun.