Find Us On Social Media :

Selalu Dikaitkan dengan Simbol Seks, Cleopatra adalah Sosok yang Cerdas, Hal Ini Membuktikannya

By Moh Habib Asyhad, Senin, 5 Februari 2018 | 20:30 WIB

Intisari-Online.com – Namanya selalu dikaitkan dengan aroma wewangian, pesona kecantikan wanita dan simbol seks peradaban manusia.

Tapi tahukah Anda kalau ternyata Cleopatra adalah kepala negara yang tegar, penulis buku andal, serta fasih bicara dalam tujuh bahasa?

Mendengar nama Cleopatra, bayangan yang ada di kepala banyak orang agaknya masih sama. Wanita cantik mempesona yang menyukai kehidupan glamor sarat pesta.

Meski yang tersisa hanya legenda, sosok ini nyatanya terus mendunia lewat beragam inkarnasinya yang lahir dari tangan-tangan  terampil Hollywood.

Sejak zaman film bisu sampai generasi sekarang, Cleopatra seakan "muncul" silih berganti dalam sosok Dewi Amor dengan berbagai nuansa.

(Baca juga: Julius Caesar, Kampiun Taktik Perang yang Masyhur oleh Kisah Percintaannya dengan Cleopatra)

Yang paling sering tercermin, baik di panggung opera maupun di layar perak, adalah sosok Cleo yang kehidupannya penuh kemewahan dan pesta pora beraroma birahi seperti dimainkan oleh Theda Bara (Cleopatra, 1917), kemudian Claudette Colbert (Cleopatra, Cecil B. DeMille, 1934) atau Vivien Leigh (Caesar and Cleopatra, 1946) karya George Bernard Shaw.

Bahkan, Cleopatra yang sensual bak boneka seks nyaris tergambar sempurna dalam diri Elizabeth Taylor (Anthony and Cleopatra, 1963).

Memang, tampilan sosok Cleopatra tidak bisa dilepaskan dari kepentingan sekaligus kejujuran para pembuatnya. Kalau diperhatikan dengan saksama, citra wanita cantik ini tampak sengaja dipermainkan, atau lebih tepatnya, dicabik bagian demi bagian untuk kepentingan sesaat.

Semisal dalam film All for Love, John Dryden hanya menggambarkan sepintas saja peran Cleopatra sebagai ratu Mesir secara tradisional, sementara peran tambahannya justru lebih banyak.

Begitu pula penggambaran George Bernard Shaw tentang Cleopatra sebagai penyuka takhayul, yang kemudian berkembang menjadi bengis, justru menimbulkan rasa tidak simpati kalangan tertentu.

(Baca juga: Punya Potensi Gigi Berlubang? Coba Lakukan 8 Cara Ini untuk Memulihkannya)

Cleopatra gosong