Find Us On Social Media :

60 Kali Menara Eiffel, Inilah Penampakan Jembatan Laut China yang Disebut sebagai Terpanjang di Dunia

By Tatik Ariyani, Minggu, 7 Januari 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Jika ada negara yang tahu cara membangun jembatan laut terpanjang di dunia serta memasang kembang api di sekitarnya, maka China adalah jawabannya.

Dikutip dari Daily Mail, pada hari terakhir 2017, negara tersebut menyelesaikan pekerjaan jembatan terpanjang di dunia.

Dinamakan Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge, penyelesaian konstruksi itu ditandai dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler.

Memiliki panjang 54,7 kilometer atau sekitar 34 mil, jembatan itu dibangun dengan anggaran sekitar 12 miliar poundsterling atau sekitar Rp 218,5 triliun. Jembatan ini menghubungkan tiga kota penting sesuai namanya.

BACA JUGA: 

Sekalipun sudah rampung, namun jembatan itu masih menunggu pemeriksaan kualitas tahap akhir sebelum dibuka secara resmi untuk masyarakat.

Pemerintah China diketahui butuh waktu sekitar 14 tahun untuk merencanakan serta membangun struktur jembatan yang sangat besar itu.

Menteri Transportasi dan Perumahan Hong Kong, Frank Chan mengatakan, lantaran dibangun oleh tiga pemerintahan berbeda, maka pembukaan baru dapat dilakukan bila seluruh pihak sudah siap.

Namun, untuk kepastian waktu pembukaan jembatan itu, jelas Chan, masih menunggu keputusan pemerintah pusat China.

BACA JUGA: 

Sementara itu, bagian utama jembatan tersebut telah rampung pada Juli tahun lalu. Bagian itu juga mencakup terowongan yang membentang di bawah muara Pearl River di antara ketiga kota itu.