Find Us On Social Media :

Berbeda dengan Beberapa Spesies Lain, Inilah Alasan kenapa Alat Kelamin Laki-laki Tidak Bertulang

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 23 Desember 2017 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com - Pertama-tama kita harus memahami bahwa tidak semua penis makhluk hidup tak bertulang laiknya penis manusia.

Beberapa hewan seperti walrus dan kucing membutuhkan tulang pada penisnya untuk proses pembuahan. Tapi kenapa penis manusia tidak bertulang?

Bagi sebagian orang, pertanyaan tersebut mungkin terkesan jorok, tapi dengan para ilmuwan. Dengan menjawab pertanyaan itu, mereka semakin paham bagaimana manusia berevolusi.

Tulang penis, alias bacculum, pada beberapa hewan adalah bagian sistem rangka yang unik karena tidak terhubung secara langsung dengan rangka lainnya.

Tulang ini mengambang di ujung penis.

(Baca juga: Wanita Ini Bius dan dan Potong Penis Pacarnya, Pengakuannya saat Ditangkap Polisi Sangat Mengejutkan)

(Baca juga: Bayi Ini Lahir dengan 2 Alat Kelamin: Yang Satu Tumbuh di Tempat Biasa, Satu Lagi Tumbuh di Punggung)

Seperti disebut di awal, walrus adalah salah satu hewan yang penisnya bertulang, bahkan disebut punya tulang penis terpanjang, mencapai seperenam ukuran tubuhnya.

Sementara, lemur punya tulang penis berukuran seperempatpuluh panjang tubuh.

Alasan kenapa penis manusia tak bertulang tertuang dalam publikasi di Proceedings of the Royal Society B pada 14 Desember 2016 yang ditulis oleh Mathilda Bridnle dan Christopher Opie.

Menurut teori evolusi, sekitar 145 juta tahun lalu, untuk pertama kali tulang penis berkembang pada hewan. Sejak saat itu, beragam jenis mamalia dan primata memilikinya.

Sejumlah spesies, misalnya kucing, membutuhkan tulang penis untuk memicu ovulasi atau pelepasan telur.