Find Us On Social Media :

Berkah atau Bencana? Alami Mutasi Gen, Satu Keluarga di Italia Ini Tidak Dapat Merasakan Sakit

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 22 Desember 2017 | 17:00 WIB

Keluarga Marsilis tidak dapat merasakan sakit karena mutasi genetik

Intisari-Online.com - Para ilmuwan telah mengidentifikasi mutasi genetik misterius yang secara efektif meniadakan sensasi rasa sakit.

Varian gen ini diidentifikasi terjadi pada sebuah keluarga di Italia.

Mereka hampir tidak merasakan rasa sakit bahkan ketika mengalami luka serius.

"Kami telah menghabiskan beberapa tahun mencoba untuk mengidentifikasi gen yang menjadi penyebabnya," kata ahli biologi molekuler James Cox dari University College London kepada The Independent.

Keluarga yang bernama Marsilis itu menjalani kehidupan sehari-hari layaknya superhero di antara manusia-manusia biasa. Semua ini berkat mutasi genetik langka yang telah menurun tiga generasi.

Baca Juga: 

Baca Juga: 

Mutasi ini membuat mereka merasa sedikit atau bahkan tidak sama sekali akan rasa sakit seperti luka bakar atau patah tulang, sampai pada titik di mana mereka baru menyadari saat mereka terluka.

"Terkadang mereka merasakan sakit pada saat istirahat awal tapi cepat sembuh," kata Cox kepada New Scientist.

"Misalnya, Letizia yang berusia 52 tahun mematahkan bahunya saat bermain ski, tapi kemudian terus bermain ski sepanjang hari dan pulang ke rumah, dia tidak memeriksanya sampai hari berikutnya."

Varian yang dimiliki keluarga tersebut diisolasi dalam DNA Marsilis dari sampel darah, dan terletak pada gen yang disebut ZFHX2.