Find Us On Social Media :

Jintan Hitam, Rempah Kuno yang Ampuh Menguatkan Daya Tahan Tubuh dan Libido

By Yoyok Prima Maulana, Kamis, 21 Desember 2017 | 09:00 WIB

Jintan hitam.

Intisari-online.com - Jintan hitam atau habbatussauda (nigella sativa) merupakan rempah-rempah yang sudah lama terkenal sebagai tanaman obat.

Rempah-rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam. Sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Jintan hitam mempunyai banyak nama. Di antaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, dan kaluduru.

Digunakan sebagai pengobatan herbal sejak 2.000-3.000 SM. Tercatat dalam banyak literatur pengobatan kuno seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim, dan Al-Baghdadi. 

Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat jintan hitam untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernapasan.

BACA JUGA: 

Selama ribuan tahun, jintan hitam dikenal dan sering dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit. Namun, lewat berbagai riset dan penelitian, manfaat terbesar dari rempah-rempah ini sebenarnya adalah membantu menguatkan daya tahan tubuh.

Jintan hitam  bisa membantu meningkatkan kadar jumlah sel T (limfosit) dalam tubuh. Sel T ini memegang peranan penting dalam sistem toleran tubuh dan daya kendali terhadap sel lain untuk membangun imun tubuh.

Dan, dengan imun tubuh yang kuat, serangan berbagai penyakit bisa ditangkal sejak dini.

 “Selain membantu menurunkan kolesterol, jintam hitam juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh melalui bijinya yang sudah di ekstrak (minyaknya),” ujar Ir. Kasma Iswari M.Si, peneliti pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  (BPTP) Solok, Sumatra Barat.

Hanya saja, kata Kasma, khasiat jintam hitam tak akan optimal bila hanya digunakan sebagai bumbu dabur. Setidaknya butuh takaran yang lebih. Misalnya, satu gram atau beberapa kapsul untuk dikonsumsi dalam satu hari.

Manfaat jintan hitam bagi daya tahan tubuh ini  juga tercatat di penelitian LIPI. Di buku PROSEA 13 Spices (Plant Resources South East Asia) dari Pustaka Pusat Penelitian Biologi-LIPI, Bogor.