Find Us On Social Media :

NASA Kembali Tunda Peluncuran Kapsul Dragon yang Berisi 2000 Kg Makanan untuk para Astronot

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 14 Desember 2017 | 12:15 WIB

SpaceX Falcon9 dan kapsul CRS-8 Dragon di stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral

Intisari-Online.com- SpaceX telah kembali menunda peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul Dragon bermuatan kargo NASA hingga hari Jumat (15 Desember).

Dilansir pada space.com, penundaan ini diperlukan untuk pemeriksaan dan pembersihan ekstra setelah terdeteksi adanya partikel pada sistem booster tahap kedua.

Roket SpaceX Falcon 9 dan kapsul Dragon ini akan melakukan penerbangan kedua mereka.

Dijadwalkan mereka akan meluncurkan misi pengiriman untuk NASA dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada hari Rabu (13 Desember).

Baca Juga: 

Namun kebutuhan akan pemeriksaan lebih banyak memaksa SpaceX untuk menunda hingga Jumat pukul 10.35 pagi waktu EST (1535 GMT).

SpaceX menulis dalam sebuah status terbarunya, "Kesempatan peluncuran berikutnya tidak akan lebih awal dari akhir Desember."

Ini adalah penundaan peluncuran ketiga, awalnya peluncuran dijadwalkan pada 8 Desember.

Baca Juga: 

Pekan lalu, SpaceX menunda penerbangan tersebut hingga Selasa (12/12), lalu menundanya lagi.

Misi ini akan menjadi penerbangan ke-13 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA oleh SpaceX.

Kapsul Dragon akan mengirim 2.177 kilogram makanan, bahan bakar dan perlengkapan sains, mungkin juga beberapa hadiah Natal untuk awak astronot stasiun.

Dalam satu tahun ini, SpaceX telah menerbangkan kapsul Dragon untuk NASA sekali sebelumnya (selama misi pengiriman Juni) dan telah meluncurkan tiga penguat Falcon 9 yang digunakan sampai saat ini.