Find Us On Social Media :

Kabar Bahagia, Mengonsumsi Kopi Setiap Hari Mengurangi Risiko Kanker Hati

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 17 November 2017 | 18:30 WIB

Intisari-Online.com - Minum tiga sampai lima cankir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker hati. Begitu temuan sebuah penelitian terbaru.

Para ilmuwan mengatakan, mereka yang mengonsumsi kopi dengan kadar yang pas bisa mengurangi risiko kanker hati hingga 40 persen dibanding yang tidak.

Studi di Amerika dan Italia juga menekukan, minum kopi juga dapat mengurangi risiko sirosi hingga 70 persen.

(Baca juga: Mengenal Kanker Hati, Yang 'Menguruskan' Sutan Bhatoegana)

(Baca juga: Pria Tiga Kali Lebih Rentan Terkena Kanker Hati)

Para ahli percaya bahwa kafein, minyak kopi, kahweol, cafestol, dan antioksidan dalam kopi dapat membantu melindungi hati.

Dilansir dari New York Post, penyakit hati meningkat di Inggris dan Eropa. Di sana juga disebut bahwa penyakit hati kronis menjadi penyebab kematian paling umum kelima.

Penyakit hati setidaknya telah menyerang sekitar 2 juta orang Inggris. Musababnya, tingginya angka obesitas, infeksi hepatitis yang tidak terdiagnosis, dan penyalahgunaan alkohol.

Meski kanker hati kasusnya tidak terlalu banyak, tapi persentasenya meningkat—walau penyebab aslinya belum jua diketahui.

Judi Rhys, Chief Executive of the British Liver Trust, mengatakan, “Penyakit hati adalah silent killer karena sering kali tidak ada gejalanya hingga (sering) terlambat (penanganannya).”

Kopi, katanya, adalah sesuatu yang mudah dijangkau oleh semua orang dan secara teratur mereka meminumnya—baik tubruk, instan, atau espresso.

“(Kopi) dapat membuat perbedaan dan, dalam beberapa kasus, memperlambat perkembangan penyakit hati—ini adalah pilihan gaya hidup yang mudah dilakukan,” tambah Rhys.